kontes robot
Tim robot UMM [Merdeka.com]

NEWSWANTARA – Indonesia yang diwakili Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi juara umum dalam kontes robot tingkat Internasional yang diadakan di Trinity College, AS, pada 1-2 April 2017.

Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) yang diikuti tujuh negara tersebut menyatakan PENS sebagai juara satu, dua, dan tiga dalam kategori robot pemadam api beroda. Selain itu PENS juga menjadi juara tiga untuk kategori robot pemadam api berkaki.

Untuk dua tim dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yakni InaMuh meraih juara satu kategori robot pemadam api berkaki dan tim Unmuh menjadi juara dua kategori robot pemadam api berkaki. InaMuh juga mendapat juara poster terbaik.

Baca juga : pemuda indonesia berhasil memboyong 22 medali dari lomba mengingat

Diikuti oleh negara seperti Kanada, Cina, Israel, Portugal, Uni Emirat Arab dan AS. Cina, menurut mekanik dalam salah satu media online, menjadi saingan terberat karena memiliki rekam jejak yang bagus dalam kejuaraan tersebut, dan ada banyak tim yang mewakili.

Masing-masing tim tetap diminta mengembangkan konsepnya dan dirancang agar bisa sampai pada industrialisasi robot. masing-masing tim tetap diminta mengembangkan konsepnya dan dirancang agar bisa sampai pada industrialisasi robot.

Direktur PENS Zaenal Arief mengungkapkan bahwa pihaknya memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang memperkuat tim atas keberhasilan mereka. Prestasi tersebut merupakan yang kesekian bagi PENS, antara lain pada tahun lalu menyabet juara 3 pada kontes robot di Bangkok, Thailand.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang telah mengirimkan Wakil Indonesia di Kejuaraan ini serta dukungan materil dan moril.

Harapannya, mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang, Kemristekdikti akan meningkatkan alokasi dana untuk kompetisi-kompetisi mahasiswa Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional untuk bisa menstimulasi mental mahasiswa untuk lebih kompetitif.

Berikan Komentar Anda

avatar