Tank Harimau Pindad-FNSS, pada pameran Indo Defence 2018. [Pict : istimewa]

NEWSWANTARA – Hasil kerja sama antara Turki dengan Indonesia menghasilkan inovasi terbaru dalam bidang pertahanan. Tank kelas medium berbobot 30 ton merupakan keluaran terbaru dari PT Pindad yang telah melewati uji, seperti uji lintas, ketahanan, main blast hingga uji tembak.

Baca juga : 

Tank yang dinamai Harimau ini memiliki kemampuan pertahanan terkini yaitu balistik dan anti ranjau. Tank generasi terbaru ini dilengkapi dengan kemampuan daya gempur yang luas mulai dari perlindungan jarak dekat untuk pasukan infantri hingga pertempuran antar kendaraan tempur.

Tank medium ini memiliki bobot 30 ton, power to weight ratio 24 HP/ton, kecepatan maksimal lebih dari 70 kilometer per jam dan dapat menampung 3 orang kru yang terdiri dari komandan, penembak, dan pengemudi. Tank Medium ini memiliki senjata utama turret kaliber 105 mm yang memiliki daya hancur besar.

Medium tank dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru, seperti sistem kewaspadaan mandiri, hunter killer system, perlindungan pasif (laser warning system), battle management system, serta proteksi hingga level 5. Turret medium tank memiliki mekanisme autoloader dengan 12 butir peluru di turret dan 26 butir peluru cadangan di dalam hull.

Desain medium tank dibuat sesuai dengan kriteria kebutuhan dari pengguna, dengan didasarkan pada strategi pertempuran modern yang mudah untuk mobilisasi. Diantaranya adalah mobilisasi, dimana Harimau mampu meleset dengan kecepatan 70 km perjam yang memudahkan dalam melakukan penetrasi dalam medan tempur.

Tank medium menjadi salah satu produk militer PT Pindad terbaik yang diminati dunia internasional. Bangladesh, Filipina, dan Brunei telah menyatakan minatnya untuk memboyong Tank buatan yang diklaim anti ranjau.

PT Pindad pun sudah merencanakan untuk memproduksi secara masal. Rencanannya pada tahun 2019 PT Pindad sudah siap produksi 50 dan akan lebih besar lagi di tahun berikutnya sampai 80 unit per tahun. kedepannya, kemampuan produksi masal pada tank dengan teknologi tinggi ini akan terus dimaksimalkan.


dikelolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar Anda

avatar