Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran akan ditata untuk Jadi destinasi wisata kelas dunia. (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil selalu mempunyai ide-ide serta gagasan kreatif untuk membenahi wilayah yang dipimpinnya. Tak hanya merombak Kali Malang, kali ini Kang Emil meluncurkan suatu konsep untuk menyulap Pantai Pangandaran menjadi destinasi wisata tingkat dunia seperti di Hawai.

Baca Juga:

Berdasarkan keterangan Kang Emil di akun Instagramnya @ridwankamil ” PANTAI PANGANDARAN akan direvitalisasi dan ditata untuk jadi wisata kelas dunia. Kerjasama Pemprov Jabar dan Pemkab Pangandaran,”. ” Impiannya seperti Waikiki Beach di Hawaii,” tulis Kang Emil.

Menurut Kang Emil, Pangandaran akan dibangun pusat budaya dan bakal dilengkapi dengan jalur pejalan kaki di sepanjang garis pantai timur dan barat Pangandaran. Selain itu, juga akan ada kawasan rindang dan nyaman untuk menikmati keindahan pantai.

Kang Emil mengatakan proyek revitalisasi Pantai Pangandaran ini bakal berjalan pada 2019. Anggarannya mencapai Rp40-65 miliar yang berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Pangandaran.

Tidak cukup di situ, Kang Emil juga akan melakukan perombakan tampilan Bandara Nusa Wiru. Bandara tersebut juga akan diupayakan untuk melayani rute penerbangan dari dan menuju Jakarta atau Bandung.

Dalam penataan ini juga akan dilakukan reaktivasi jalur Kereta Api dari Jakarta-Bandung-Pangandaran. Jalur ini dulunya pernah dibuka, namun pada tahun 1980-an ditutup. Saat ini, jalur tersebut akan dibuka kembali untuk mendukung wisata.

Menurut Kang Emil, penataan pantai Pangandaran menyerupai Pantai Hawaii tak akan terlalu sulit diterapkan selama mengikuti pola desain dan seluruh aturan dipatuhi warga serta pengunjung.

View this post on Instagram

PANTAI PANGANDARAN akan direvitalisasi dan ditata untuk jadi wisata kelas dunia. Kerjasama Pemprov Jabar dan Pemkab Pangandaran. Sepanjang garis pantai timur dan pantai barat akan ditata, diberi jalur pejalan kaki yang rindang dan nyaman. ________ Impiannya seperti Waikiki Beach di Hawaii. Juga akan dibangun Pusat Budaya Sunda seperti di Ubud Bali. Anggaran 40-65 milyar rupiah, dari APBD Propinsi dan APBD Kab. Pangandaran, akan dibelanjakan untuk proyek ini tahun 2019. _________ Bandara Nusa Wiru juga akan di desain ulang agar lebih keren dan membuka penerbangan ke Bandung atau Jakarta. Juga tentunya ini melengkapi jalur reaktivasi jalur Kereta Api dari Jakarta-Bandung-Pangandaran. _______ Selanjutnya penataan pantai-pantai Garut Selatan, Sukabumi Selatan dll. Mari ke pantai 🌊 #JABARJUARA. foto: berbagi sumber.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

Berikan Komentar Anda

avatar