[ibunkamojang]

NEWSWANTARA – PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) bersama Kementerian Pariwisata bekerjasama untuk mendukung pengembangan kawasan desa wisata geothermal di daerah operasi produksi energi panas bumi yang dilakukan perseroan.

Kerjasama tersebut merupakan wujud kepedulian untuk kemandirian masyarakat di sekitar lingkungan operasi perusahaan, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) akan terus bersinergi dengan Kemenpar dalam mengembangkan kearifan lokal yang dikelola dalam kawasan Desa Wisata Geothermal.

Indonesia punya banyak potensi sumber daya alam panas bumi yang jika dikelola dengan baik dapat menjadi salah satu destinasi pariwisata nusantara. Banyaknya gunung api dan daerah sumber panas bumi yang ada di Indonesia bukan sekedar dikenal sebagai energi terbarukan atau green energi tetapi juga memiliki potensi wisata.

Program pemanfaatan daerah operasi geothermal menjadi kawasan pariwisata telah dilakukan oleh sejumlah negara di dunia seperti Islandia, New Zealand, Jepang, serta beberapa negara di kawasan Eropa.

Daerah operasi geothermal nantinya juga akan menyajikan bentuk atraksi wisata yang ditawarkan di desa wisata tersebut nantinya berupa wisata untuk pemandian air panas alami. Selain itu tak menutup kemungkinan para wisatawan juga dapat menyaksikan operasi produksi energi terbarukan.

Baca Juga:

PGE telah memulai proyek percobaan untuk kawasan desa wisata geothermal di Kamojang, Jawa Barat. Desa ini merupakan program unggulan PGE karena merupakan daerah pengembangan energi geothermal yang pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh PGE sejak tahun 1974.

Selain itu, kawasan desa wisata geothermal juga diperuntukkan untuk Pendidikan, yakni sebagai pusat pengetahuan dalam bidang pengembangan energi geothermal yang juga dilengkapi dengan sarana laboratorium lapangan dan Geothermal Information Center (GIC).

Saat ini PGE memiliki 12 wilayah kerja panas bumi dengan total kapasitas 532 MW yang dihasilkan dari empat area yakni Kamojang, Ulubelu, Lahendong, serta Sibayak. Kedepannya program pengembangan kawasan desa wisata geothermal juga akan dilakukan di daerah operasi PGE lainnya seperti di Lahendong, Sulawesi Utara serta di Ulubelu, Lampung.

Dengan adanya kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan PT Pertamina Geothermal Energy tersebut, kampanye pengembangan desa wisata geothermal dapat diperluas di berbagai daerah di Indonesia, serta sebagai sarana dalam mengembangkan aspek perlindungan lingkungan, edukasi, pelestarian budaya serta peningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Berikan Komentar Anda

avatar