Pesona Mandalika
Mandalika. (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, Mandalika ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. Hal ini dikhususkan untuk menunjukkan bahwa keindahan Indonesia itu tidak hanya Bali, tetapi juga Mandalika

Dengan luas area sebesar 1.035,67 Ha yang membentang dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan dan menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial.

(Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Favorit di Pulau Lombok

KEK Mandalika menawarkan sejumlah wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. Mandalika berasal dari nama seorang tokoh legenda, yaitu Putri Mandalika yang dikenal dengan parasnya yang cantik. Setiap tahunnya, masyarakat Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan dari Putri Mandalika. Perayaan ini merupakan budaya yang unik dan menarik wisatawan baik lokal maupun internasional.

Mandalika juga menyimpan sejumlah pesona lain. Tak jauh dari pusat kawasan Mandalika, terdapat Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende. Desa ini merupakan desa khas masyarakat Sasak. Di sana para wisatawan dapat mengenal lebih jauh keberagaman cara hidup penghuni asli Pulau Lombok.

(Baca Juga: Bau Nyale, Tradisi Melepas Kerinduan)

Sementara itu, di sisi lain, Mandalika tengah serius dikembangkan menjadi destinasi wisata internasional. Hotel-hotel berbintang pun tengah dibangun. Begitu pula pusat-pusat hiburan malam, spa dan lainnya. Bahkan, akan dibangun pula arena sirkuit balap berstandar internasional di kawasan ini.

Berdasarkan potensi dan keunggulan yang ada, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) yang telah mengembangkan Nusa Dua Bali mengusulkan pembentukan KEK Mandalika sebagai destinasi wisata bahari dan wisata budaya dengan panorama yang eksotis dan berdekatan dengan Pulau Dewata.

KEK Mandalika diperkirakan akan menarik kunjungan 2 juta wisatawan mancanegara per tahun pada 2019. KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan dengan pembangunan obyek-obyek wisata dan daya tarik wisata yang selalu berorientasi kepada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika merupakan KEK yang paling menarik bagi para investor saat ini karena sejumlah potensi yang dimilikinya serta kedepan Mandalika diharapkan menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Berikan Komentar Anda

avatar