NEWSWANTARA – Team adalah nyawa untuk bersaing, bergerak lebih jauh lagi, keluarga yang bisa dijadikan sebagai tempat berbagi dari jarak keluarga yang sebenarnya.

Kekuatan team akan mampu menembus tebalnya atmosfer bumi, kekuatan team diartikan sebagai kekuatan bersama, kekuatan yang bisa menembus baja dari istilah ‘kekompakan’ team. Membangun team harus didasari dari tujuan yang sama, kesepakatan untuk menciptakan perubahan dari keberagaman di dalamnya.

Team bagian dari kesatuan yang beragam untuk keseragaman yang bisa menghasilkan perubahan. Keahlian yang dimiliki masing-masing anggota team menggambarkan identitas diri. Keunikan yang bisa dijadikan sebagai daya saing untuk tetap survive dalam persaingan yang samakin ketat. Manusia terlahir dengan membawa keunikannya masing-masing.

Tidak bisa ditawar lagi untuk nilai originalitas yang dimiliki untuk memilih seragam. Kadang kala melupakannya hingga lupa akan keunikannya sendiri itu pasti ada, terus memikirkannya, menggali hingga menemukan celah originalitas akan diri sendiri dapat menciptkan kekuatan yang tidak biasa dari kebiasaan yang dilakukan oleh orang kebanyakan.

Merangkum keunikan ini menjadi suatu team mampu memberi dorongan yang lebih jauh dari jarak yang telah ditempuh sebelumnya. Kekuatan team akan membawa anggota team bergerak lebih jauh dari titik sebelumnya.

Banyak orang yang pintar, orang yang kreatif, orang memiliki pandangan yang visioner. Namun kebanyakan dari orang-orang tersebut mereka cenderung bergerak sendiri tanpa disadari. Orang yang terjebak dalam dinamika kehidupan yang selalu diukur dengan ‘nominal’.

Nominal yang tidak seberapa untuk tempat mereka bekerja dengan apa yang telah mereka lakukan. Merekrut orang yang pintar akan menguntungkan bagi perusahaan. Bukan orang yang lebih pintar, kesalahan besar untuk merekrut orang yang seperti ini.

Memasang mesin jet pada traktor berharap kinerja traktor bisa optimal namun hal tersebut justru akan membawa traktor pada sebuah kehancuran. Mesin yang dipasang tidak sesuai dengan kapasitas traktor yang dimiliki. Ini akan melenyapkan harapan yang telah ada. Kapasitas yang dimiliki traktor melebihi batas dari harapan yang diinginkan.

Untuk itu jika ingin mengharapkan hasil seperti apa yang diharapkan, maka harus disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki jika ingin mengharapkan kinerja maksimal, paling tidak akan memasang mesin yang tidak jauh dari kapasitas yang dimiliki.

Diantara yang telah merasakan ‘nominal’, mereka akan melupakan tujuan awal mereka. Mereka telah memperjuangkan tujuan orang lain. Orang yang telah memberi mereka harapan baru. Keberadaan harapan baru inilah yang dimanfaatkan oleh orang yang mempunyai tujuan yang besar. Mampu memberi harapan baru kepada seseorang akan mengikuti pola pikir orang yang telah memberi harapan. Inilah yang harus dibangun dalam team.

Team yang akan membawa harapan baru kepada semua orang. Harapan yang dinginkan seseorang dari hasrat yang selalu ingin memiliki akan tertanam dalam diri manusia. Team menjadi langkah untuk memenuhi harapan yang ada. Bergerak lebih jauh lagi dari titik sebelumnya adalah system kerja team. Potensi team untuk bisa mewujudkan visi-misi yang telah disepaki akan terbuka lebar jika team memiliki prinsip yang kuat, semangat untuk perubahan, identitas yang menjual.

Yang paling penting, team ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan potensi yang di miliki Indonesia saat ini. Kehadiran team dalam persaingan global sangat dibutuhkan untuk menunjukkan eksistensi team indonesia untuk bisa bersaing di tatanan global. Potensi yang mampu disaksikan dengan mata telanjang, namun tidak teroptimlakan menimbulkna kesenjangan yang tinggi.

Terjadinya konflik horizontal dari provokasi ‘perbedaan’ yang mudah terpancing. Ini Indonesia! bhinneka tunggal ika telah menjadi semboyan bangsa sejak lama. Melupakan itu memperjuangkan ego semata bukanlah jalan keluar yang ditawarkan untuk menyaksikan persaingan yang kapitalis. Kehadiran team untuk bisa mengoptimalkan apa yang dimiliki oleh bangsa ini akan lebih baik ketimbang terjebak dalam politik ‘adu domba’ kaum imperialis.

Bukan saatnya untuk untuk mengkritik, memperdebatkan, menilai pekerjaan yang belum selesai. Perjalanan bangsa ini masih sangat panjang untuk menilai, mendukung salah satu cara untuk keluar dari mental negative.

Bergerak bersama untuk menghasil perubahan nyata yang menjadi harapan bersama. Memahami serta memaknai dari bhinneka tunggal ika sebagai semangat untuk maju bersama Team. Ini team Indonesia yang mampu menggetarkan dunia untuk dibanggakan.

Berikan Komentar Anda

avatar