pict : antara

NEWSWANTARA – “Berikan kepadaku 10 pemuda, maka akan aku ubah dunia.” itulah kalimat yang pernah didengungkan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Kalimat singkat tersebut seakan-akan mengisyaratkan kepada para pemuda Indonesia untuk bertindak melakukan hal-hal yang luar biasa.

Para pemuda sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet peradaban Indonesia. Pemuda selalu diidentikkan dengan idealisme dan semangat kerja keras. Dua modal yang akan sangat mubadzir apabila keduanya tidak didayagunakan dengan baik.

Jika mengacu kepada KBBI, idealisme yang dimiliki pemuda sangat erat kaitannya dengan patokan, keyakinan, prinsip, atau pedoman dalam hidup yang diyakini sebagai hal yang sempurna dan benar. Seorang pemuda adalah sosok yang masih memegang teguh idealismenya. Sehingga mereka bisa meruntuhkan tembok-tembok yang menghalangi mereka.

Pemuda Indonesia kini mulai bersuara pada tingat Internasional. Sosok Rio Haryanto, salah satu pemuda Indonesia yang mampu mencuri perhatian dunia. Dengan prestasinya, Rio Haryanto mampu meraih mimpinya untuk bisa merasakan persaingan pelombaan balap mobil di ajang bergengsi F1.

Ketekunan serta kerja keras Rio Haryanto menjadi sebuah kunci penting untuk bisa mewujudkan mimpinya. Semangat serta ketekunan Rio Haryanto merupakan sebuah cermin dari sosok pemuda yang sedang mengalami masa transisi. Prestasi yang ditorehkan Rio diraih dari kebulatan tekad yang dimiliki untuk melakukan hal terbaik untuk dirinya dan bagi Bangsa Indonesia.

Semangat dan kerja keras adalah kunci utama yang harus dimiliki oleh segenap pemuda yang ada di Indonesia. Soekarno percaya bahwa hanya pemuda yang mampu melakukan hal-hal yang bisa membuat dunia semakin tercengang akan kehebatan bangsa ini.

Tidak hanya Rio Haryanto, pemuda Indonesia kini mengalami masa kejayaannya setelah mulai banyaknya anak muda Indonesia yang berprestasi di dunia internasional. Prestasi yang ditorehkan pemuda Indonesia harus dapat dijadikan sebagai sebuah momentum dalam kebangkitan semangat baru pemuda Indonesia.

Mengembalikan kejayaan Indonesia adalah suatu hal penting yang harus dilakukan oleh pemuda Indonesia agar tidak sekedar hanya menjadi mimpi para pendiri bangsa. Bagi para pemuda Indonesia, perlu diingat bahwa, apa yang telah dicapai oleh mereka bukan tidak mungkin bisa di capai oleh pemuda Indonesia lainnya. Terlahir dengan kondisi fisik yang sempurna menjadi modal utama untuk terus berkarya dan berbuat.

Sepasang tangan untuk membuat perubahan pada bangsa ini. Juga sepasang kaki untuk menjelajahi keindahan alam ini. Sesuatu yang membuat anak bangsa Indonesia berbeda adalah semangat yang dimiliki. Semangat untuk mempersembahkan sebuah usaha terbaik yang bisa di upayakan.

Perjuangan tak kenal lelah juga membuat pemuda Indonesia terus berkembang menjadi pribadi-pribadi terbaik yang dimiliki oleh bangsa ini. Oleh karena itu, mulai saat ini mari kita berjanji untuk mencurahkan segala usaha terbaik kita pada setiap kesempatan yang kita miliki. Terus berusaha tanpa kenal lelah untuk membangun negeri ini agar dapat terwujud Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Berikan Komentar Anda

avatar