Industri digital

NEWSWANTARA – Perkembangan internet yang begitu signifikan membawa dampak tersendiri bagi pertumbuhan era digital saat ini. Indonesia sendiri sudah mempersiapkan diri dalam menyambut era baru teknologi, yakni digital industri. gelombang perubahan yang timbul dari inovasi teknologi ini disebut dengan The Future of Work.

CEO General Elektric (GE) Indonesia Handry Satriago mengutip salah satu pernyataan dari makalah The Future of Work in Indonesia tentang bagaimana industrial internet secara perlahan mengubah industri di seluruh dunia, mulai dari sektor pembangkit dan distribusi listrik, kesehatan, transportasi, hingga manufaktur.

Industrial internet memadukan analisis big data dan cloud dengan mesin-mesin industri, sehingga menghasilkan efisiensi yang lebih baik serta peningkatan kinerja operasional. Era baru digital yang dilakukan General Electric (GE) ini akan memberikan pengaruh signifikan bagi masyarakat, sekaligus membantu Indonesia agar mampu menghadapi perekonomian global yang semakin kompetitif.

Baca Juga:

Saat ini, pertumbuhan penetrasi ponsel pintar di Indonesia merupakan yang tertinggi di antara semua negara-negara Asia. Ini berkorelasi dengan pertumbuhan internet dengan alat akses yang mendominasi adalah smartphone. Pesatnya pekembangan ini akan berdampak pula pada tumbuh kembangnya industri kreatif.

Potensi industri kreatif, termasuk industri digital, dinilai sangat besar karena sektor itu tengah membentuk ekosistem berstandar global. Selain itu, industri tersebut didukung oleh animo dan inisiatif yang tinggi di masyarakat. Dari minat yang tinggi akan membawa peluang untuk berkompetisi dalam perkembangan industri kreatif.

Lingkungan pemerintahan yang sering melahirkan konsep smart government dengan memanfaatkan teknologi aplikasi digital juga turut menjadi salah satu pemicu potensi perkembangan industri kreatif. Inovasi teknologi adalah kunci utama penggerak ekonomi. Mereka yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, akan tertinggal di belakang.

Menerawang peluang yang ada di depan mata, sudah sepantasnya untuk bisa melahirkan inovasi-inovasi yang unggul dalam persaingan global. Putra-putri bangsa sudah cukup mumpuni untuk bisa mengejar ketertingalan. Hanya saja sinergitas dari pemerintahan dengan masyarakat harus bisa lebih solid dan lebih berani memutuskan kebijakan-kebijakan yang menstimulasi kreatifitas masyarakat.

Tantangan terbesar datang dari sumber daya manusia yang harus di dorong dengan konsep kolaborasi. Mengkolaborasikan pentahelix (pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, media, dan komunitas) menjadi kunci hasil nyata yang diharapkan. Mengingat kekuatan industri kreatif Indonesia memiliki tren positif yang harus dimaksimalkan.

Berikan Komentar Anda

avatar