Indonesia, negara yang kaya dengan keindahan alam, keragaman budaya dan sejarah
Indonesia, negara yang kaya dengan keindahan alam, keragaman budaya dan sejarah. (Foto: Flickr/M Reza Faisal)

NEWSWANTARA – Ketika kita berbicara tentang destinasi wisata eksotis yang ada di dunia, negara Indonesia dengan kekayaan alamnya tentu saja merupakan salah satu yang paling layak untuk dipertimbangkan. Indonesia menjadi negara cukup menakjubkan yang terletak di bagian tenggara Asia. Indonesia sangat populer karena memiliki sejumlah gugusan kepulauan yang indah. Indonesia bahkan sangat terkenal di seluruh dunia karena memiliki keragaman suku dan budaya.

Kaya Akan Sejarah

Satu juta tahun yang lalu, seluruh kepulauan Indonesia sudah dihuni oleh apa yang disebut sebagai “Manusia Jawa” atau “Homo Erectus”. Sementara itu, Homo Sapiens baru ada di kepulauan Indonesia sekitar 45.000 tahun yang lalu. Semua fakta ini dapat dibuktikan dengan adanya fosil yang ditemukan oleh para sejarawan dan arkeolog di berbagai daerah di Indonesia.

(Baca Juga: Sejarah Terbentuknya Nama Negara “Indonesia”)

Pada tahun 2000 SM orang Austronesia yang datang dari Taiwan tiba di Indonesia, dan orang-orang Austronesia ini dikatakan sebagai nenek moyang orang Melanesia yang saat ini tinggal di daerah paling timur Indonesia.

Sekitar abad ke-13, era Islam kemudian muncul di bagian utara Pulau Sumatera. Inilah awal dari penyebaran agama Islam di seluruh nusantara, hingga menjadi agama mayoritas rakyat Indonesia sampai saat ini.

(Baca Juga: Dua Nama Presiden Indonesia Yang Tak Tercantum Dalam Buku Sejarah)

Pada tahun 1512 orang Eropa mulai berdatangan ke Indonesia untuk memonopoli beberapa produk Indonesia seperti lada, cengkeh, dan pala. Orang-orang Eropa ini adalah orang Portugis, Inggris, dan Belanda. Indonesia juga pernah dijajah oleh penjajah Jepang.

Selama masa penjajahan, pemerintah kolonial menerapkan sistem kerja paksa kepada rakyat Indonesia, kebiadaban sistem tersebut pada akhirnya menyebabkan kematian 4 juta orang. Namun, melalui bapak pendiri Indonesia Soekarno, Indonesia mampu meraih kemerdekaannya. Karena itu, ia kemudian terpilih menjadi Presiden pertama Indonesia.

Keindahan Pariwisata di Indonesia

Yang pasti, bukan hal yang baru bahwa Indonesia telah dikunjungi oleh ribuan wisatawan asing setiap hari. Alasan utama mengapa Indonesia termasuk dalam daftar teratas tujuan wisata paling menakjubkan di seluruh dunia adalah karena Indonesia memiliki budaya dan kekayaan alamnya yang melimpah. Kedua hal utama tersebut mampu menggerakkan minat banyak wisatawan dari seluruh dunia untuk datang ke Indonesia. Iklim tropis di Indonesia juga disukai oleh orang-orang Barat.

Indonesia juga merupakan rumah bagi candi bersejarah yang indah seperti Borobudur dan Candi Prambanan. Ekosistem alam yang terpelihara dengan baik di Indonesia juga dipuja oleh jutaan wisatawan seluruh dunia, seperti hutan hujan di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Ketika datang ke pantai, Indonesia juga memiki pantai kelas dunia seperti pantai pasir putih di Bali dan pantai Kuta di Lombok.