Pict : galamedianews.com

“Indonesia Raya, Merdeka-Merdeka”

“Tanahku negeriku yang kucinta”

“Indonesia Raya, Merdeka-Merdeka”

“Hiduplah Indonesia Raya”

NEWSWANTARA – Rangkaian kalimat diatas merupakan kutipan lirik pada bait terakhir dari lagu kebangsaan kita “Indonesia Raya” ciptaan W.R Supratman yang sering kali kita nyanyikan di setiap momen sakral kenegaraan seperti, upacara bendera, pelantikan presiden, bahkan sampai di pertandingan-pertandingan tim nasional Indonesia saat melawan negara lain.

Negara yang dikaruniaiĀ sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berlimpah, membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan berbagai macam potensi yang dimiliki. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari gugusan pulau-pulau indah yang membentang dari sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.

Secara geologis, posisi Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik, sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan sumber mineral. Tercatat juga bahwa, Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Hal tersebut menunjukkan bahwa, Indonesia memiliki sumber daya alam hayati yang sangat berlimpah.

Dari sisi Sumber daya manusia, Indonesia juga memiliki kualitas SDM yang tidak kalah hebatnya dibanding dengan negara-negara lain. Banyak tokoh-tokoh dari Indonesia yang sangat berpengaruh dan disegani di dunia. Banyak pula orang-orang Indonesia yang namanya dikenal oleh dunia karena prestasinya yang gemilang. Baru-baru ini dunia juga dibuat tercengang oleh talenta-talenta muda asal Indonesia. Mereka adalah Rio Haryanto dan Joey Alexander.

Rio Haryanto yang merupakan pembalap F1 asal Indonesia. Seperti diketahui bahwa, sangat sulit dan sangat jarang orang untuk bisa masuk ke dalam kompetisi jet darat tersebut, namun Rio membuktikan bahwa orang Indonesia juga mampu ikut serta dalam kompetisi bergengsi tersebut.

Kemudian terdapat pula nama Joey Alexander yang merupakan pianis muda asal Indonesia yang tampil pada ajang paling bergengsi di seluruh dunia, yakni Grammy Award 2016 di Los Angeles Amerika Serikat dan menjadi salah nominator dalam acara tersebut. Itulah bukti bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia yang memiliki daya saing kuat yang patut untuk di pertimbangkan di ajang kompetisi tingkat global dan tidak kalah dari negara-negara lainnya.

Pict : sebatikinfo.blogspot.co.id
Pict : sebatikinfo.blogspot.co.id

Melakukan sesuatu yang bertujuan untuk perkembangan dan kemajuan Indonesia itu merupakanĀ aksi nyata bukti cinta terhadap Indonesia. “NKRI Harga Mati” bagi rakyat Indonesia merupakan suatu bentuk wujud ungkapan kecintaan terhadap Indonesia. Kalimat itulah yang merupakan penyemangat untuk menyemangati seluruh rakyat Indonesia dalam membangun, menjaga dan memajukan Indonesia.

Rasa nasionalisme tidak boleh hilang sepeserpun dalam jiwa dan raga putra-putri bangsa ini. Rasa nasionalisme harus terus ditumbuhkan dalam jiwa dan raga putra-putri bangsa untuk menuju perkembangan dan kamajuan Indonesia ke arah yang lebih baik. Untuk itu marilah kita secara bersama-sama menumbuhkan, serta meningkatkan rasa cinta kita terhadap tanah air tercinta “Indonesia”.

Berikan Komentar Anda

avatar