Produk Asuransi Bisnis
Produk Asuransi Bisnis (Ilustrasi)

NEWSWANTARA – Tidak ada pengusaha yang ingin perusahaan yang telah dibangun dengan susah payah harus mengalami masalah ditengah jalan yang menganggu jalannya kegiatan usaha sehingga berimbas kepada kerugian finansial perusahaan.

Kerugian finansial merupakan salah satu momok menakutkan bagi sebuah perusahaan atau bisnis. Oleh karena itu, risiko kerugian finansial merupakan hal yang seharusnya diantisipasi oleh para pelaku usaha dengan memiliki produk asuransi bisnis.

Fungsi utama memiliki asuransi bisnis bagi pelaku usaha dan perusahaan adalah jika sewaktu-waktu terjadi kerugian finansial, maka tertanggung bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi dimana polis asuransi berada. Sehingga dapat membantu memulihkan kerugian finansial yang dialami perusahaan.

Namun memiliki asuransi bisnis bukanlah perkara mudah. Agar nantinya perusahaan benar-benar memiliki polis asuransi bisnis dengan manfaat perlindungan yang tepat dan sesuai dengan risiko bisnis serta kebutuhan perusahaan, disarankan berkonsultasi kepada broker asuransi.

Broker asuransi berdiri sebagai badan yang membantu dan mewakili kepentingan pihak tertanggung atau perusahaan. Selain itu, fungsi lain dari broker asuransi dalam sebuah perusahaan adalah :

  • Melakukan identifikasi terhadap segala bentuk usaha-usaha penghilangan, pengurangan serta menghindarkan kemungkinan terjadinya risiko tersebut.
  • Sesuai dengan kebutuhan tertanggung, broker asuransi harus mempersiapkan serta membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan kompetitif.
  • Membantu memilihkan prduk asuransi yang sesuai dengan profil risiko klien.
  • Menjembatani negosiasi terkait premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien asuransi (tertanggung).
  • Selama polis berjalan, broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan risk inspection serta administrasi program, termasuk melakukan claim management service.
  • Dalam satu waktu tertentu, broker asuransi juga bisa menjalankan negosiasi klaim atas nama tertanggung.
  • Melakukan adminstrasi serta penelitian asuransi.

Fungsi dari broker asuransi di atas haruslah menjadi patokan dalam pemilihan broker asuransi. Karena nantinya broker asuransi akan menjadi penghubung dan memudahkan perusahaan baik untuk identifikasi risiko hingga klaim polis kepada perusahaan asuransi.

Pilihlah broker asuransi yang profesional dan memiliki analisis atau identifikasi risiko yang detail dan terukur seperti marsh risk management. sebagai salah satu perusahaan broker asuransi terbaik di Indonesia. Marsh Indonesia banyak memiliki strategi dan solusi risiko bisnis yang akan menjawab masalah klien.