Pict : jagamineproject.wordpress.com

NEWSWANTARA – Memiliki kemiripan dengan yoghurt, dadih di Sumatra Barat dan tahu susu. Palopo telah lama dikenal oleh masyarakat Sumbawa Barat sebagai produk hasil budaya dan masih diproduksi secara tradisional oleh industri rumah tangga sampai sekarang. Palopo merupakan produk olahan susu tradisional yang berasal dari Pulau Sumbawa.

Makanan tradisional khas dari Taliwang ini, Kabupaten Sumbawa Barat dikenal dengan rasanya yang gurih dengan rasa manisnya membuat lidah nagih. Proses pembuat palopo menggunakan susu kerbau sebagai bahan utamanya, gula merah dan terung liar. Terung liar berfungsi untuk membantu penggumpalan sebagai penyempurna palopo.

Baca Juga : Jenang Legendaris Langganan Presiden Soeharto

Masyarakat Sumbawa Barat sudah terbiasa menggunakan terung liar sebagai penggumpal palopo, hal tersebut didasarkan pada resep palopo yang masih ada dan bertahan dengan kearifan lokal (Local wisdoms) sebagai produk hasil budaya yang diwariskan secara turun temurun.

Dipilihnya susu kerbau sebagai bahan utama pembuatan palopo membuat makanan khas taliwang ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tidak lengkap saat mengunjungi Pulau Sumbawa tanpa mencicipi palopo. Rasa yang enak dengan kadungan gizi yang dimiliki dapat menjadi pemanis cerita ketika mengunjungi Taliwang, Sumbawa Barat.

Berikan Komentar Anda

avatar