nasi kapau
Penjulan nasi kapau yang sedang melayani pembeli. [Pict : Istimewa]

NEWSWANTARA – Meski berasal dari daerah yang sama, akan tetapi memiliki perbedaan. Tidak sedikit juga yang bingung dengan perbedaan antara nasi kapau dan nasi padang. Perbedaan gampang di jumpai terletak dari sisi menu. Menu nasi padang dipajang di etalase sedangkan nasi kapau dipajang di atas meja, letaknya lebih rendah dari si penjual.

Baca juga :

Di luar Sumatera Barat, setiap rumah makan yang menjual menu hidangan Minang mendapat sebutan Rumah Makan Padang. Padahal Padang hanyalah salah satu kota di Sumatera Barat. Kapau adalah nama salah satu nagari di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Istilah inilah yang dijadikan sebutan untuk masakan khas Sumatera Barat ini.

Istilah nasi kapau diambil dari salah satu desa tepatnya di Kabupaten Agam. Keunikannya terletak pada penyajian lauknya yang membuat pengunjung bisa memilih secara leluasa. Berada tepat dihadapannya langsung ditunjukan pada penjual nasi untuk bisa mengambilnya dengan centong-centong bertangkai panjang untuk menyiduk lauk dari baskom.

Nasi Kapau yang beragam lauknya diletakkan dalam baskom-baskom besar di atas meja yang lebih rendah dari penjualnya. Lauk pauk nasi kapau terdiri dari gulai cubadak (nangka), babek (babat), telur ayam, dendeng balado, belut goreng, rendang, dan lain sebagainya.

Selain itu gulai nangka yang dimasak di warung nasi kapau ini juga sedikit berbeda, sebab memiliki kuah yang tidak terlalu kental. Ada juga campuran sayur lain di dalamnya seperti kol dan kacang panjang.Terdapat beberapa menu yang khas Kapau seperti gulai tambusu dan juga rendang ayam.

Gulai tambusu berbahan dasar dari usus sapi yang diisi adonan telur dan tahu lalu dimasak dalam kuah gulai. Pembeli dapat memilih dari olahan sesuai selera yang terdiri dari olahan olahan ikan, ayam, dan daging. Salah satu lauk lainnya yaitu rendang ayam yang memiliki warna coklat kehitaman.

Rendang sebenarnya adalah sebutan untuk cara memasak daging dengan bumbu rempah dan santan kelapa yang diaduk di atas api selama beberapa jam. Hingga kemudian terkaramelisasi sampai kuahnya kering dan berbentuk serbuk berwarna coklat kehitaman. Menu yang bisa dicoba untuk melengkapi saat berbuka puasa. (©nws)


Diolah dari berbagai sumber 

Berikan Komentar Anda

avatar