pict : Zonamakan.blogspot.com

NEWSWANTARA – Bagi orang Lombok kata plecing sudah tidak asing lagi terdengar. Cita rasanya yang pedas merupakan salah satu kuliner khas dari Pulau Lombok. Dalam bahasa Jawa, lombok berarti cabai, jadi tidak mengherankan jika makanan satu ini memiliki rasa yang pedas.

Plecing merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Makanan khas pedas yang memiliki cita rasa yang nikmat bagi para pecinta kuliner nusantara. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, dibuat dari cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan air jeruk limau.

Sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap-urap. Berkunjung ke Pulau Lombok belum lengkap rasanya jika belum mencicipi masakan khas yang satu ini, plecing kangkung.

Plecing kangkung sudah menjadi trademark kuliner pulau ini selain ayam taliwang. Sayur kangkung dari pulau yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat ini memang istimewa, teksturnya yang lembut membuat kangkung Lombok ini tidak terasa alot walau kita makan sampai ke batang-batangnya.

Sebagai bahan dasar pembuatan plecing, kangkung Lombok yang mempunyai tekstur lembut terkadang dijadikan buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok. Orang yang sudah mencicipi plecing Lombok akan merindukan olahan pedas ini menggunkan kangkung Lombok. Entah kenapa, plecing yang tersedia di rumah makan yang ada walaupun pengolahannya sama jikalau tidak menggunakan kangkung Lombok akan terasa berbeda.

Cita rasanya yang pedas akan membuat sebagian orang yang pertama kali mencicipi plecing kangkung cenderung untuk menghindarinya. Namun rasa pedas ini yang akan membuat orang ketagihan untuk berusaha menghabiskan porsi plecing kangkung.

Dengan cita rasanya yang khas serta bahan baku yang unik, plecing kangkung memiliki kesan tersendiri bagi para pecinta kuliner untuk kembali mencicipinya. Makanan yang cocok dihidangkan pada saat berbuka puasa dengan sensasi pedas.

Berikan Komentar Anda

avatar