Kopi Asiang
Pict : olipeoile.wordpress.com/

NEWSWANTARA – Jika sudah berada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, yang perlu diperhatikan oleh para travellers adalah begitu banyaknya warung kopi atau kedai kopi yang bertaburan dari jalan utama hingga pojokan gang sempit.

Bagi warga masyarakat Pontianak, pergi untuk minum kopi di warung atau kedai kopi sudah menjadi sebuah tradisi tersendiri yang harus dilakukan, khususnya di setiap pagi dan sore hari. Bisa dilihat ketika waktu ngopi tiba sangat susah untuk menemukan meja dan kursi kosong pada warung atau kedai kopi yang ada di sepanjang Kota Pontianak.

Dari beberapa warung atau kedai kopi yang ada di Pontianak terdapat beberapa kedai kopi yang memiliki keunikan tersendiri. Kedai kopi Asiang adalah salah satunya, kedai kopi yang terletak di jalan Merapi Pontianak.

Keunikan dari kedai kopi yang satu ini adalah dimana peracik dari kopi tersebut yang bernama Yohanes Efendi atau yang akrab disapa dengan Koh Asiang tidak pernah menggunakan kaos ketika meracik kopi.

(Baca Juga : Perayaan Imlek di Kota Khatulistiwa)

Ada beberapa orang yang menyebutkan alasan kenapa Koh Asiang tidak pernah menggunakan kaos dalam meracik kopi di kedai miliknya itu dikarenakan ada hubungannya dengan kemantapan kopi racikannya, terlepas dari mitos yang ada tersebut tak bisa dipungkiri bahwa kopi racikan Koh Asing terasa begitu istimewa bagi para penikmat kopi.

Koh Asiang ketika meracik kopi di kedai miliknya. Pict : beritatrans.com
Koh Asiang ketika meracik kopi di kedai miliknya. Pict : beritatrans.com

Tak hanya Koh asiang yang tidak menggunakan kaos dan hanya menggunakan boxer atau celana pendek ketika meracik kopi, namun ada keunikan lain dari kedai kopi Asiang ini. Kedai kopi Asiang hanya buka dari pukul 13.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Koh Asiang meracik sendiri kopinya dari bubuk kopi hingga menjadi kopi yang dihidangkan. Kopi dari kedai Asiang ini disajikan menggunakan gelas cawan yang terbuat dari tanah liat dan dipesan khusus dari salah satu pabrik gelas yang berada di Johor, Malaysia.

Salah satu pegawai dari kedai kopi Asiang menyebutkan bahwa alasan dari menggunakan cawan sebagai gelas untuk mensajikan kopi adalah cawan tersebut dapat mempertahankan kehangatan kopi cukup lama sehingga kenikmatannya dapat terjaga dalam waktu yang lama.

Suasana hangat menikmati secangkir kopi sembari berbincang-bincang dengan kawan-kawan atau memperhatikan Koh Asiang yang sibuk membuat kopi dengan sekali-kali bersuara lantang. Walaupun penampilan dari Koh asiang yang terlihat garang, tetapi Koh Asiang sangat ramah terhadap pelanggannya. Menyempatkan waktu untuk mencicipi nikmatnya kopi Asiang patut dicoba ketika berkunjung di Kota Pontianak.

Berikan Komentar Anda

avatar