Bakpao
Bakpao, salah satu kuliner Nusantara warisan Negeri Tirai Bambu [Istimewa]

NEWSWANTARA – Di setiap negara kuliner termasuk budaya yang diterima oleh setiap orang, begitu pula dengan kuliner Indonesia yang memiliki beragam variasi baik dari segi rasa, cara pengolahan dan bentuk yang unik. Dibalik keragaman tersebut tidak sedikit penganan tanah air yang dipengaruhi oleh budaya Tiongkok.

Pengaruh makanan Tiongkok paling mudah dikenali dari penggunaan namanya. Ciri khas beberapa nama makanan dari negeri panda tersebut kemudian diserap menjadi nama kuliner Indonesia.

Bakso salah satunya, berasal dari bahasa Hokkian bakso merupakan makanan asli negeri tirai bambu. Resep bulatan daging giling Ini dibawa oleh para perantau Tiongkok ke selatan dan di Indonesia bakso menjadi makanan yang bisa ditemui di mana saja.

Bahkan saat ini banyak menu bakso yang dibalut dalam kreasi baru, bumbunya juga ikut beradaptasi dengan selera Nusantara. Tidak heran jika menu rakyat ini sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Baca Juga:

Begitu pula dengan bakmi, di Tiongkok gandum dipakai sebagai bahan baku pembuat bakmi. Namun di Indonesia bahan bakunya dari terigu.

Setelah masuk ke Indonesia bumbu dan rempah menjadi penambah cita rasa yang lebih kompleks. Di kalangan masyarakat Tionghoa bakmi disajikan dengan potongan daging dan kecap.

Bakmi menjadi simbol harapan usia panjang sesuai dengan bentuknya yang panjang dan tidak mudah putus, oleh karena itu masyarakat Tionghoa banyak yang menyantap bakmi saat perayaan hari istimewa seperti hari ulang tahun dan tahun baru.

Bakcang juga berasal dari bahasa Hokkian yang berarti panganan berisi daging. Bakcang kerap dibuat saat perayaan Peh Cun, salah satu festival dalam kebudayaan dan sejarah Tiongkok yang digelar pada tanggal 5 bulan ke 5 penanggalan Imlek. Di Indonesia isian bakcang tidak hanya daging adapula yang berisi sayuran, telur dan jamur.

Menu lain yang berasal dari Tiongkok adalah bakpao, diserap dari bahasa Hokkian ‘pao’ artinya bungkusan dan ‘bak’ artinya daging. Pada awalnya daging yang digunakan adalah daging babi namun Muslim di Indonesia membuat bakpao dengan isian daging ayam atau kacang-kacangan.

Perpaduan rasa asam, asin, manis, pedas dan gurih dari bumbu rempah pada kuliner Indonesia tidak menggerus keberadaan kuliner aslinya. Proses asimilasi dari budaya peranakan justru membuat Indonesia semakin terkenal Menjadi surga kuliner di mata dunia.

Berikan Komentar Anda

avatar