Jenis keong sawah yang bisa dikonsumsi

keong sawah yang dapat dikonsumsi
Jenis keong sawah yang dapat dikonsumsi adalah memiliki ciri-ciri cangkang berwarna cokelat kehitaman, cangkangnya tebal [Istimewa]

Tak semua keong sawah bisa disantap. Keong sawah sendiri secara umum dibagi menjadi keong yang beracun dan tak beracun. Keong sawah beracun adalah keong mas. Seperti namanya, keong ini memiliki cangkang atau rumah keong yang berwarna keemasan.

Sedangkan keong sawah yang tak beracun adalah keong sawah yang memiliki warna cangkang yang sedikit coklat sampai kehitaman. Keong sawah jenis inilah yang kerap disebut sebagai tutut.

Sebelum disantap, keong sawah harus diolah dengan baik agar rasanya maksimal. Masyarakat biasa mengolah keong sawah ini dengan berbagai macam cara, misalnya ditumis, digoreng, disayur, atau direbus. Ada yang mengolahnya langsung bersama cangkang ataupun dihilangkan cangkangnya terlebih dulu.

Sebelum dikonsumsi, keong sawah harus dicuci bersih dengan air dingin beberapa kali untuk menghilangkan bau lumpurnya. Setelah itu, keong harus di rendam dalam air selama lima menit.

Setelah dicuci bersih, keong sawah bisa direbus selama 5-7 menit dan siap disajikan. Jika tak ingin direbus, keong sawah ini bisa digoreng atau bahkan ditumis dengan tambahan sayuran, karbohidrat (seperti pasta) atau jenis daging lainnya. Daging keong sawah tumis pedas pun terasa nikmat dengan sensasi rasa pedas dan gurih kenyal.

← Halaman Sebelumnya


Sumber : CNN Indonesia

Berikan Komentar Anda

avatar