wisata kuliner jawa timur
Jawa Timur menjadi surganya wisata kuliner yang menakjubkan. (Foto: Shutterstock)

NEWSWANTARA – Indonesia memiliki banyak kekayaan yang begitu luar biasa, salah satunya adalah makanannya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Jadi bisa Anda bayangkan berapa banyak jenis makanan yang ada di Indonesia, tidak terkira banyaknya. Dalam artikel ini kita akan membahas makanan khas Jawa Timur yang enak dan bikin ketagihan.

1. Rawon

Rawon
Rawon. (Foto: unileverfoodsolutions.co.id)

Jika berkunjung ke Jawa Timur khususnya di daerah Pasuruan, wajib mencicipi rawon. Kuah makanan ini berwarna hitam karena menggunakan bahan masakan yaitu kluwek. Kuah kluweh diisi sayuran hijau, telur, tauge dan daging sapi yang begitu lembut. Biasanya rawon akan disantap bersama nasi yang ditaburi dengan bawang goreng untuk menambah rasa sedap.

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan
Soto Lamongan. (Foto: unileverfoodsolutions.co.id)

Bagi Anda pengemar soto, tentu hafal dengan soto Lamongan. Lamongan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan sotonya. Berbeda dengan soto dari daerah lainnya, pada soto Lamongan terdapat taburan koya di atasnya. Koya adalah semacam bubuk gurih terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Soto Lamongan bisa dengan mudah Anda jumpai di daerah atau kota lain di Indonesia.

Halaman Selanjutnya →