Komoditas udang nasional
[Ilustrasi]

NEWSWANTARA – Permintaan udang dunia dalam periode 2012-2016 mengalami pertumbuhan sebesar 7,45 persen per tahun. Data International Trade Centre (2017) mencatat bahwa pada 2012, total impor udang dunia mencapai 17,25 miliar dollar AS. Jumlahnya meningkat menjadi 22,19 miliar dollar AS pada 2016.

Pola Ekspor komoditas perikanan ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ekspornya didominasi oleh komoditas udang vaname beku. Berdasarkan data International Trade Center (2017),  bahwa kontribusi nilai ekspor udang vaname beku (Whiteleg shrimps) terhadap total nilai ekspor perikanan tahun 2016 mencapai 27 persen.

Baca Juga:

Hal tersebut tampak bahwa udang memiliki peranan yang besar terhadap kinerja ekonomi perikanan Indonesia. Sampai saat ini nilai ekspor udang Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara produsen udang dunia lainnya, seperti India, Vietnam, Ekuador, China, dan Thailand.

Importir udang terbesar dunia pada 2016 adalah Amerika Serikat dengan total impor mencapai 5,88 miliar dollar AS. Jepang dan Vietnam di urutan kedua dan ketiga, di mana masing-masing nilai impornya mencapai 2,37 miliar dan 2,25 miliar dollar AS. Nilai impor Vietnam mengalami peningkatan sebesar 441,14 persen dibandingkan tahun 2015.

Tingginya tingkat permintaan udang di pasar internasional membawa peluang bagi para pelaku usaha udang nasional. Peluang yang kemudian dikonfersi oleh pemerintah untuk mengembangkan tambak udang nasional. Dukungan pemerintah menjadi dorongan kuat untuk kebangkitan udang nasional.

Komoditas perikanan menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia yang menjadi komoditas ekspor. Komoditas udang yang menjadi andalan, yakni udang windu dan udang vaname. Selain itu, saat ini udang galah juga mulai digalakkan pembudidayaannya walaupun produksinya masih kecil.

Provinsi sentra produksi udang windu terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Lampung. Sementara untuk komoditas udang vaname beberapa provinsi yang menjadi sentra juga ada terdapat di Provinsi Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Utara.

Indonesia yang menjadi negara terbesar ketiga penyumbang produksi vaname dunia, setelah China dan India bisa lebih progresif mengoptimalkan udang nasional. Terlebih Indonesia yang menjadi negara maritim terbesar di dunia. Bukan tidak mungkin Indonesia menjadi negara produsen udang terbesar di dunia.

Berikan Komentar Anda

avatar