Lumbung Padi Jawa Tengah

pict : semarang bisnis.com

NEWSWANTARA – Padi telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat indonesia untuk bisa bertahan hidup serta merupakan kebutuhan yang ditetapkan sebagai salah satu sumber makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Memenuhi kebutuhan jasmani, jika dilihat dari sifat berdasarkan kebutuhan manusia, adalah sebuah keharusan untuk bisa sehat secara jasmani.

Memenuhi kebutuhan yang menjadi kebutuhan manusia harus didukung dengan ketersedian pasokan/sumber daya yang dibutuhkan. Untuk menyediakan kebutuhan yang dikonsumsi, dibutuhkan  kesiapan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Kabupaten Banyumas siap memenuhi kebutuhan pokok daerah Jawa Tengah. Jenis tanah pada wilayah Jawa Tengah didominasi oleh tanah latosol, aluvial, dan gromosol, ini artinya hamparan tanah di provinsi Jawa Tengah termasuk tanah yang mempunyai tingkat kesuburan yang relatif baik. Kondisi ini membuat pertanian dan perkebunan menjadi sektor unggulan di Jawa Tengah.

Beberapa komoditi unggulan dari sektor pertanian dan perkebunan di Jawa Tengah adalah padi, jagung, karet, kopi, teh, kelapa, tebu, dan kakao. Hampir di seluruh daerah di Jawa Tengah merupakan penghasil jagung, kecuali Magelang dan Pekalongan.

Kabupaten Banyumas merupakan salah satu daerah lumbung pangan di Jawa Tengah. Komoditas utama pertanian di Kabupaten Banyumas adalah padi. Tingginya produksi padi pada tahun 2010 menjadikan Banyumas surplus beras sebesar 44.750 ton.

Tahun 2010 Luas Panen padi sawah yang tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Banyumas mencapai 68.852 ha, dengan kapasitas produksi 388.988 ton atau rata 5,65 ton per hektar. Sementara untuk padi ladang, luas panen yang tersebar di 17 kecamatan mencapai 2.630 ha, dengan kapasitas produksi 11.511 ton atau 4,38 ton/ha.

Jenis padi yang dihasilkan meliputi padi sawah dan padi ladang, dengan varietas antara lain Ciherang dan Situ Bagendit. Metode tanam yang digunakan adalah metode tradisional dan SLPTT (Sekolah Lapang Peningkatan Tanaman Terpadu).


Sumber : jatengprov 

Berikan Komentar Anda

avatar