pasta gigi cangkang langkitang
Trio siswi SMAN 1 Padang penemu manfaat dari cangkang langkitang

NEWSWANTARA – Hewan becangkang ini biasanya ditemui di pesisir yang berasal dari molusca dan termasuk kelas gastropoda. Cangkang hitamnya memiliki panjang 4 cm. hewan bercangkang ini sering disebut langkitang.

Langkitang ini mempunyai daging yang lezat dan mengandung lemak, protein, kalsium, garam, serta fosfor yang baik untuk tubuh. Di daerah pesisir Padang, banyak restoran seafood yang menjual menu langkitang. Tapi sampahnya, berupa cangkang, dibuang begitu saja sehingga mengotori pantai.

Langkitang sering di temui di daerah pesisir Sumatera Barat. Permasalahan sampah cangkang langkitang itu diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat oleh 3 siswi dari SMAN 1 Padang.

Di tangan Huwaid Azijah Nur, Lupi Asmeri Fadhilah, dan Putri Rizki Fitriani, cangkang langkitang diubah jadi pasta gigi berkalsium tinggi sehingga tak sekadar membuat gigi jadi putih cemerlang, tetapi juga bisa membuat gigi jadi lebih kuat.

Tak heran kalau kemudian ketiganya sukses meraih juara kedua kompetisi L’Oréal Girls in Science (LGIS). Ini adalah sebuah kompetisi sains bagi siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mempromosikan sains sebagai pilihan karir yang menyenangkan, kreatif dan menjanjikan, bagi kaum perempuan.

Untuk membuat pasta gigi dari cangkang langkitang, ketiga siswi itu mencampur cangkang langkitang yang sudah dihaluskan dengan sari tebu, sari pandan, sari jeruk nipis, serta rumput laut.

Selain cangkang langkitang, pasta gigi ini juga menggunakan bahan lain seperti sari jeruk nipis yang berkhasiat untuk membersihkan gigi dari kuman, sari tebu, sari pandan, dan rumput laut.

Pengolahan cangkang langkitan dilakukan dengan cara mengoven cangkang dengan suhu 180°C. kemudian direndam dalam 1 gram karaginan selama 4 jam. Setelah itu dihaluskan menggunakan mortar sampai berbentuk serbuk dan tidak ada lagi serpihan hitam.

Cangkang langkitang yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya, yaitu: rumput laut,lemon, daun pandan dan air tebu. Sebagai pelengkapnya dapat ditambahi warna dan rasa.

Trio siswi ini memasukan 20 helai pandan yang telah diekstrak dan menambahkan 50 ml air tebu yang telah diekstrak dan diaduk menjadi satu. Setelah dicampur, pasta gigi cangkang langkitan akan memiliki rasa pandan dan segar di mulut.

Karena pasta gigi ini bersifat alami, maka hanya dapat bertahan selama kurang lebih satu minggu.Kamu dapat menambahkan bahan pengawet sodium benzoat dengan takaran yang tepat untuk menambah masa pakainya.

Berikan Komentar Anda

avatar