Kincir angin penangkap serangga karya siswa SMAN 1 Blora. [ecoyouthtoyota.id]

NEWSWANTARA – Produktivitas petani ditentukan oleh beberapa faktor pendukung hingga metode yang digunakan oleh para petani guna membantu dalam hal peningkatan produktivitas tanaman padi.

Peningkatan kualitas padi dapat dilakukan dengan pemilihan pupuk hingga sistem tanam yang berkala maksimal 3 kali dalam setahun tiap panen. Namun untuk saat ini, cuaca yang sudah tidak bisa ditebak sedikit memberi kesulitan bagi petani dalam meningkatkan produktivitasnya.

Pergeseran musim yang terjadi di Indonesia merupakan dampak dari perubahan global yang membuat petani tidak dapat menentukan waktu tanam secara tepat. Belum lagi ditambah dengan hama yang menjadi penghambat dalam peningkatan produktivitas hasil panen petani.

Gangguan serangga terhadap tanaman pertanian menjadi salah satu penyebab kegagalan meningkatkan produktivitas pertanian. Hal inilah yang melatarbelakangi siswa SMAN 1 Blora untuk berinovasi dalam membantu peningkatan produktivitas petani dengan menciptakan sebuah kincir angin penangkap serangga

Baca Juga: Ketersediaan Pangan dan Persediaan Lahan

Khususnya di Blora, gangguan serangga menjadi masalah serius yang dihadapi petani. Berangkat dari permasalah serangga ini, dua siswa menciptakan Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell sebagai Pembangkit Listrik pada Penangkap Serangga.

Kincir angin dipilih mengingat areal persawahan memiliki sumber angin yang cukup untuk dimanfaatkan. Melalui penemuannya ini, Fadhiela Noer Hafiezha dan Dinar Limarwati mewakili SMAN 1 Blora berhasil menjadi Juara 2 Toyota Eco Youth (TEY) 9 dari Kategori Sciene Project.

Fadhiela dan Dinar siswa SMAN 1 Blora berhasil membuat kincir angin sumbu vertikal yang bermanfaat bagi petani di Blora. [Kompas]
Pada percobaan alat ini, Dinar selaku penemunya memasang dua buah lampu warna biru dan putih. Setelah lima hari diambil ternyata serangga banyak yang tertempel di lampu warna biru sedangkan yang warna lampu putih jumlah serangga sedikit. Selain itu juga dipasang lagi satu penangkap serangga dengan memakai lampu warna kuning.

Manfaat lain dari kincir angin penangkap serangga ini yaitu tidak menimbulkan pencemaran, hemat biaya perawatan dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia. Adanya penemuan yang dapat membantu produktivitas para petani terkhusus bagi anak muda, perannya sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan potensi yang di miliki Indonesia saat ini.

Tenaga kerja terampil di bidang pertanian sudah mulai dicukupi oleh berbagai balai latihan kerja, sekolah kejuruan, maupun perguruan tinggi agar dapat memaksimalkan hasil pertanian. peran yang bersinergi dibutuhkan untuk dapat mewujudkan swasembada pangan bagi Indonesia.

Berikan Komentar Anda

avatar