mobil listrik Titen
Mobil listrik hemat energi Titen EV-3 karya Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember [TEMPO/David Priyasidharta]

NEWSWANTARA – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember (UNEJ) berhasil merancang mobil listrik hemat energi yang diberi nama ‘Titen EV-3’. Mobil ini berhasil meraih juara pertama dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 di kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, pada 7-11 November 2017 lalu.

Mobil Listrik Titen EV-3 turun di kelas urban listrik. Titen EV-3 tampil sebagai mobil listrik paling hemat setelah berhasil menempuh delapan putaran sepanjang 11,6 kilometer dalam waktu 28 menit dengan kecepatan 30 kilometer per jam. Sementara di posisi kedua ditempati oleh mobil Nogogeni milik tuan rumah tim dari ITS, serta Apatte 62 Brawijaya 3 milik Universitas Brawijaya di posisi ketiga.

Pada saat perlombaan berlangsung, tiap mobil diberikan lima kali kesempatan untuk melintasi sirkuit Kenjeran Park, Surabaya. Setiap kali kesempatan diberikan, setiap mobil melintasi sirkuit sebanyak delapan kali putaran dengan total jarak yang ditempuh sepanjang 11,6 kilometer.

Waktu yang diberikan oleh panitia kepada masing-masing tim adalah 30 menit. Berkat kerjasama yang baik dari tim Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember yang berjumlah 7 orang ini, Titen EV-3 akhirnya mampu melahap jarak tersebut hanya dalam waktu 28 menit.

Kategori Urban Listrik ini diikuti oleh 13 mobil. Keberhasilan mobil Titen EV-3 di ajang KMHE 2017 mengulangi kisah sukses Fakultas Teknik Universitas Jember yang pada 2015 lalu juga menjadi juara dengan mobil Titen EV-2.

Mobil Titen EV-3 memang telah mengalami berbagai penyempurnaan dari generasi sebelumnya Titen EV-2, beberapa penyempurnaan yang dilakukan misalnya seperti desain mobil yang telah disempurnakan baik bodi maupun rangka yang membuat mobil ini mampu menekan besar gaya gesekan yang bisa menyebabkan energi cepat terkuras.

Mobil Titen EV-3 ini memiliki bobot hanya sekitar 112 kilogram dengan power 350 watt serta mampu untuk melaju dengan kecepatan 30 kilometer per jam. Desainnya pun memiliki gaya aerodinamis yang tinggi.

Modal juara pertama dalam ajang KMHE 2017 yang digelar oleh Kemenristekdikti bakal dimanfaatkan tim mobil listrik Fakultas Teknik Universitas Jember untuk maju ke ajang lomba sejenis di tingkat Asia.


Sumber : Tempo

Berikan Komentar Anda

avatar