bus listrik Maxvel
Prototype bus listrik Maxvel yang siap mengaspal di jalan raya buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

NEWSWANTARA – PT Mobil Anak Bangsa (MAB) berhasil memproduksi Maxvel yang patut dibanggakan. Maxvel merupakan bus listrik yang mampu menempuh perjalanan sejauh 250 km dalam sekali pengisian energi listrik. Lamanya pengisian daya baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu dua sampai tiga jam.

Bus yang memiliki panjang 12 meter ini disebut-sebut lebih canggih daripada bus-bus yang dipasarkan di dalam negeri. Mesin yang digunkan bus murni menggunakan tenaga listrik dengan teknologi ramah lingkungan. Komponen lokal dalam bus ini telah mencapai 60 persen.

Baca juga : 

PT MAB sendiri merupakan perusahaan besutan Mantan Panglima TNI, Jenderal Purnawirawan Moeldoko yang memang fokus pada kendaraan-kendaraan komersial ramah lingkungan. Bus hasil garapan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) ini dikatakannya merupakan transportasi massal masa depan.

Untuk saat ini baterai pada bus tersebut masih buatan para teknisi dari MAB. Namun ke depan, MAB ingin bekerjasama dengan perusahaan pembuat baterai dari negara lain seperti Korea, Australia, Jepang hingga Eropa dalam penyempurnaan maxvel.

Penggunaannya di Indonesia tentunya sangat diharapkan mengingat Indonesia menjadi negara menyumbang emisi terbesar ke 6 sebesar 1.981 MtCO2e. Ditambah maxvel menjadi tansportasi umum yang patut dibanggakan karena buatan anak bangsa.

Penggunaan kendaraan ramah lingkungan akan berdampak lebih besar dalam mengurangi emisi karbon. Pendapat para ahli di dunia mengatakan emisi karbon berhubungan langsung dengan pemanasan global. Pemanasan global yang melelehkan es di kedua kutub bumi yang bisa mengancam keberlangsungan kehidupan di bumi.

Prospek bisnis kendaraan listrik di Indonesia sangat besar. Sebuah studi di Amerika mengatakan pasar otomotif Indonesia akan tumbuh sekitar 6,5% per tahun. Angka ini di Asia hanya kalah dengan China dan India. Jika dihitung maka pada 2040 Indonesia memerlukan sekitar 2 juta unit.

Kendaraan listrik memiliki potensi besar di Indonesia dengan catatan pemerintah konsisten menekan penggunaan kendaraan dengan BBM. Produsen bus listrik PT Mobil Anak Bangsa (MAB) sudah cukup siap untuk masuk pasar. Beberapa uji pun telah sempat dilakukan yang dinilai sudah layak untuk mengaspal di jalan Indonesia. (©nws)


Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar Anda

avatar