Kapal bambu
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan pejabat lainnya mencoba kapal tangkap ikan Baito Deling 001 [Pict : Istimewa]

NEWSWANTARA – Maraknya penebangan liar yang berimbas pada meroketnya harga kapal kayu di Indonesia menjadi inspirasi pembuatan kapal bambu pertama di dunia. Kapal tangkap ikan yang dinamai Baito Deling 001 ini menjadi kapal tangkap ikan pertama di dunia yang merupakan karya anak bangsa.

Penelitian pembuatan kapal bambu telah berlangsung sejak tahun 2012 yang dilakukan inovator Indonesia menghadirkan sebuah terobosan baru penggunaan material bambu pada kapal tangkap ikan di Indonesia. Kapal yang mampu menekan biaya hingga 60 persen akan menjadikan kapal dengan implementasi material alternatif di masa depan.

Baca juga : Charger Tiup Karya Siswa SD Purwokerto

Penggunaan bambu sebagai bahan baku utama pembuatan kapal tangkap ikan memiliki banyak keunggulan seperti potensinya yang melimpah, lebih murah, kekuatan tarik dan tekuk lebih besar dari kayu. Masa panennya juga 10 kali lebih cepat dibandingkan kayu. Bambu yang digunakan dalam pembuatan kapal ini yaitu bambu petung dan bambu ori karena nilai kuat tarik dan tekuk.

Kapal yang resmi diluncurkan perdana di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Surabaya dihadiri langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Kapal tangkap ikan bambu merupakan karya dari Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) yang di dukung PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan beberapa pemerintah daerah di Indonesia.

Baca juga : Mobil Listrik Urban Hemat Energi Karya Mahasiswa Universitas Jember

Hadir dalam peresmian, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzladi Rosman Djohan menyatakan ketertarikannya untuk mengaplikasikan Baito Deling di kepulauan Babel. Penelitian kapal ini mendapatkan penghargaan The Distinction Medal dari The Royal Institution of Naval Architects (RINA) yang merupakan organisasi terbesar yang menaungi bidang perkapalan menjadi bukti bahwa karya anak bangsa yang patut dibanggakan.


Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar Anda

avatar