kompor hawuko
Ujang Koswara yang melakukan demo dengan kompor hawuko-nya [pict : ukologi.com]

NEWSWANTARA – Kompor yang dinamai Hawuko ini merupakan inovasi dari Ujang Koswara. Kompor ini sepintas sama dengan kompor lainnya. Terdapat beberapa lubang besar di bagian bawah dan lubang ukuran lebih kecil di bagian atas dan dalam kompor. Tujuannya untuk memasok oksigen, gas yang dibutuhkan dalam proses pembakaran.

Di bagian dalam kompor terdapat wadah yang berfungsi sebagai tungku. Wadah ini berfungsi sebagai proses pembakaran sampah. Bagian atas kompor dilengkapi dudukan tempat meletakkan alat memasak. Hawuko juga dilengkapi dengan tuas pengatur besaran api yang dapat digeserkan ke kiri dan kanan untuk mengecilkan atau membesarkannya.

Baca Juga : 

Tuas yang berfungsi membuka dan menutup saringan udara yang berada di bawah tungku. Apabila saringan udara tertutup, maka pasokan udara akan terhenti dan otomatis mematikan api. Kompor yang menyala akan langsung mengalir listrik. Listrik yang dihasilkan oleh generator yang terpasang di badan Hawuko.

Generator yang bisa dilepas pasang ini mengubah energi panas dari api menjadi listrik. Di dalam generator terdapat sejumlah komponen elektronik, yakni kipas, plat pendingin, stabilizer, panel termoelektrik dengan kabel positif dan negatif, konektor USB, dan dua batang tembaga yang terpasang di bagian kiri kanan peranti, layaknya sepasang kaki.

Plat tembaga akan tersambung ke tungku tempat api menyala yang kemudian mengantarkan panas ke panel termoelektrik. Di sisi yang lain didinginkan oleh pendingin dan putaran kipas. Jika satu sisi panel panas dan sisi lainnya dingin, maka energi listrik akan dihasilkan. Arus listrik akan distabilkan oleh stabilizer sebelum dialirkan melalui kabel yang tersambung ke konektor USB.

Listrik yang dihasilkan masih sebesar  5 watt 2,5 amp yang bisa dipakai untuk menyalakan lampu atau men-charger HP dan Powerbank. Bahan bakarnya bisa menggunakan limbah apa saja asalkan kering. Sedangkan kompor dibuat dari bekas kaleng cat, blower, dan alat pengubah panas.

Berikan Komentar Anda

avatar