bus difabel
Transjakarta sediakan bus khusus bagi penyandang disabilitas [CNN Indonesia/Safir Makki]

NEWSWANTARA – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) selaku manajemen busway terus meningkatkan layanan ke konsumen. Salah satu di antaranya yang mesti segera dilakukan adalah bagaimana bus Transjakarta juga ramah bagi penyandang disabilitas. Menjawab persoalan itu, PT Tansjakarta mendatangkan bus dengan tipe lowentry.

Penambahan armada bus transjakarta yang memiliki kelebihan suspensinya bisa sejajarkan dengan trotoar akan memudahkan bagi penyandang disabilitas. Rencananya bus lowentry itu akan melayani rute non-BRT (bus rapid transit). Bus dengan rute non-BRT itu akan mengangkut penumpang di pinggir jalan atau penumpang yang berada di halte.

Sejalan dengan dioperasikannya bus tipe lowentry ini akan disesuaikan juga ketersediaan halte yang diperuntukkan untuk akses penyandang disabilitas. penyediaan sejumlah halte yang ramah bagi para penyandang disabilitas atau difabel di Ibu Kota Indonesia dilakukan dengan serius oleh manajemen PT Transjakarta.

PT Transjakarta bahkan sudah mendata terdapat kurang lebih 75 halte bus Transjakarta yang bisa didesain ramah difabel dan dapat digunakan oleh pengguna kursi roda. Halte-halte bus itulah yang akan menjadi fokus pembenahan. Halte ramah difabel itu juga akan dilengkapi dengan toilet.

Tidak seperti saat ini, halte-halte yang ramah difabel itu rencananya akan diberi cat warna hijau muda pada tiang ram jembatan penghubung dengan jembatan penyeberangan orang (JPO). Tiang warna hijau itu akan menjadi penanda sebagai halte ramah difabel.

PT Transjakarta mendukung penuh pengembangan sistem transportasi terpadu bagi disabilitas. PT Transjakarta sudah selayaknya mendukung pengembangan kota yang inklusif dan aksesibel untuk semua, termasuk disabilitas yang seringkali terabaikan dalam pembangunan dan masyarakat kota.

Berikan Komentar Anda

avatar