Hyperloop
Kereta super cepat Hyperloop

NEWSWANTARA – Transportasi umum di Indonesia yang dinilai masih kurang efisien menjadikannya sebagai salah satu alasan bagi kebanyakan orang yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi saat berpergian.

Meningkatnya mobilitas masyarakat yang berpacu dengan waktu tumpah ruah pada ‘jalanan’ menimbulkan masalah baru. Pembenahan transportasi massal di Indonesia sangat dibutuhkan untuk bisa keluar dari persoalan kemacetan yang semakin memperparah pemandangan perkotaan.

Hyperloop, Moda Transportasi massal dengan kecepatan 750 mil per jam atau sekitar 1.200 kilometer per jam, Jakarta- Surabaya bisa ditempuh hanya dalam waktu 56 menit cocok untuk mempersingkat waktu yang ada selama ini.

Baca Juga: Tol Trans Jawa Akan Terhubung pada 2018

Hyperloop merupakan konsep moda transportasi super cepat yang idenya digagas oleh miliarder Elon Musk. Hyperloop versi Musk digarap oleh perusahaannya bernama SpaceX dengan mimpi melakukan revolusi transportasi darat.

Konsep trasportasi massal kereta super cepat Hyperloop yang dikembangkan oleh Hyperloop Transportation Technologies (HTT) dalam sepekan terakhir ini tengah ramai diperbincangkan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Walau masih dalam tahap studi, langkah HTT dalam melakukan uji kelayakan moda transportasi canggih itu di Indonesia banyak mendapatkan apresiasi, bahkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya.

Teknologi Hyperloop menggunakan semacam tabung yang berfungsi sebagai pengantar gerbong-gerbong transportasi seperti kapsul di dalamnya. Selain itu, tak seperti kereta yang berisi rangkaian gerbong, Hyperloop hanya mengandalkan satu kapsul tiap sekali perjalanan yang akan meluncur ke tujuan-tujuan yang telah ditentukan.

Teknologi ini memungkinkan persinggahan dari titik A ke titik B, tak ada perhentian di stasiun-stasiun kecil seperti kereta. Hyperloop Transportation Technologies (HTT) telah menandatangani kontrak untuk studi kelayakan (feasibility study) dengan investor swasta untuk melakukan eksplorasi pembangunan transportasi tercepat di Indonesia.

HTT merupakan perusahaan yang didirikan pada November 2013 oleh JumpStarter, melalui platform inkubator urun daya (crowdsourcing) dan urun dana (crowdfunding) bernama JumpStartFund.

Perusahaan ini berbasis di Culver City, California. Perusahaan ini mengkolaborasikan beberapa nama perusahaan dalam mengembangkan sistem teknologi transportasi Hyperloop, seperti Atkins, Leybold Corporation, dan Deutsche Bahn.

Hyperloop Transportation Technologies (HTT) sendiri pada 8 Maret lalu menandatangani kesepakatan dengan pihak swasta untuk melakukan studi kelayakan untuk menghubungkan beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatera. Kesepakatan itu berisi nilai kontrak 2,5 juta dolar atau Rp. 33,47 miliar AS (estimasi kurs 13.388 per dolar AS).

Berikan Komentar Anda

avatar