Pict : tribunnews.com

NEWSWANTARA – Jembatan Kapuas Tayan yang melintasi Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat kini menjadi jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan, dengan panjang bentangan jembatan mencapai 1.440 meter dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko WIdodo pada hari selasa (22/03/2016).

Berdasarkan data dari Dirjen Bina Marga, jembatan yang dibangun dengan nilai total investasi hampir Rp 1 triliun tersebut dibangun atas kerjasama Indonesia dan Tiongkok melalui kontraktor China Road and Bridge Corporation dengan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Pendanaan pembangunan jembatan diperoleh dari 90% pinjaman dari Tiongkok dan 10% dari APBN murni. Jembatan Kapuas Tayan merupakan jembatan yang menghubungkan Poros Selatan Trans Kalimantan (Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan – Kalimantan Tengah – Kalimantan Barat), yang terputus oleh Sungai Kapuas di Kecamatan Tayan Hilir.

Sebelum adanya Jembatan Tayan, masyarakat harus membayar ongkos kapal ferry dengan biaya yang cukup mahal agar bisa menyeberangi Sungai Tayan. Namun dengan adanya jembatan Kapuas Tayan, masyarakat sudah bisa menyeberangi sungai Kapuas tanpa harus mengeluarkan biaya dan tentu ini menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan  bagi masyarakat,”

Pict : nobessito2.blogspot.co.id
Pict : nobessito2.blogspot.co.id

keberadaan Jembatan Kapuas Tayan dinilai dapat memberikan efek ganda terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, dimana keberadaannya mampu membuka akses transportasi darat, sehingga mengurangi biaya distribusi barang terutama pada sektor-sektor riil.

Secara peningkatan ekonomi dan dampak sosial, kehadiran Jembatan Kapuas Tayan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kalbar. Memberikan peluang terbuka luasnya lapangan pekerjaan lintas provinsi di Kalimantan, mengingat akses menuju provinsi lain di Pulau Kalimantan akan jauh lebih mudah.

Dengan adanya jembatan Kapuas Tayan, waktu tempuh akan lebih cepat. dimana akan menghemat waktu sekitar tiga jam. Karena sebelumnya, untuk menyeberang menggunakan kapal ferry dan membutuhkan waktu yang cukup lama.  Dengan adanya jembatan tersebut, untuk menyeberangi sungai Kapuas hanya memerlukan waktu sekitar  lima menit. Selain itu, jembatan Kapuas Tayan juga menjadi salah satu ikon pariwisata di Kalimantan Barat.

Berikan Komentar Anda

avatar