Jembatan Soekarno

Jembatan Soekarno
Jembatan Soekarno kini jadi landmark baru yang cukup mempesona di Manado [Istimewa]

Dibangun sejak era Presiden Megawati, pembangun jembatan soekarno sempat mangkrak hingga akhirnya berhasil diselesaikan pada Mei 2015. Jembatan sepanjang 1,127 km dan menelan biaya Rp 300 miliar ini punya pemandangan indah bila Anda berada di atasnya.

Jembatan Soekarno kini menjadi salah ikon baru di tanah Toar Lumimuut. Jembatan yang membelah sungai Jengki ini menjadi penghubung antara bagian utara dan selatan Kota Manado. Jembatan yang menelan biaya Rp 300 miliar ini punya pemandangan indah bila disusuri.

Jembatan Teluk Kendari

Jembatan Teluk Kendari
Rancangan pembangunan mega proyek Jembatan Teluk Kendari (Bahteramas) yang menghubungkan Kota Lama, Kecamatan Kendari dengan Lapulu, dan Kecamatan Abeli, Sulawesi Tenggara [Istimewa]

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari menelan biaya sebesar Rp 729 miliar. Jembatan ini menjadi penghubung kota lama di sisi utara dan sisi selatan Teluk Kendari Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli. Jembatan ini direncanakan menjadi pendukung pintu masuk bagi komoditi.

Jembatan Teluk Kendari dibangun untuk mendukung jaringan jalan nasional dengan menghubungkan Jalan Lingkar Kendari pada link Kota Lama dan Poasia. Dengan terhubungnya jalan lingkar ini diharapkan pembangunan di Kota Kendari semakin meningkat.

Jembatan Holtekamp

Jembatan Holtekamp
Pembangunan Jembatan Holtekamp berhasil memecahkan 2 rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yaitu Pengangkatan dan Pemasangan Rangka Baja Jembatan dalam Bentuk Utuh Terpanjang, dan Pengiriman Rangka Baja Pelengkung Bagian Tengah secara Utuh dengan Jarak Terjauh 3.200 kilometer [Istimewa]

Keunikan dari jembatan ini memiliki lengkung box dengan bentang terpanjang dan terlebar di Indonesia. Hal Ini juga menjadi pengiriman jembatan utuh terjauh yakni 3.200 km dari Surabaya ke Jayapura dengan perkiraan lama perjalanan yakni 30 hari yang di buat oleh PT PAL.

Pembangunan jembatan ini menelan biaya yang dikeluarkan untuk membangun jembatan di atas Teluk Youtefa ini mencapai Rp 1,7 triliun. Pembangunan Jembatan Holtekamp yang memiliki tipe Steel Box Arch Bridge akan menjadi ikon dan destinasi wisata baru di Papua, khususnya Jayapura.