Salah satu proyek prioritas untuk memperlancar arus lalu lintas yaitu pembangunan Jembatan. Pembangunan jembatan yang dapat memberi konektivitas antar wilayah ini dapat menekan biaya logistik [Istimewa]

NEWSWANTARA – Pembangunan infrastruktur menjadi hal yang penting dalam menstimulasi pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur yang memadai dapat menarik investor untuk berinvestasi. Pemerintah saat ini tengah menjadikan infrastruktur sebagai skala prioritas pembangunan nasional. Mengingat infrastruktur telah menjadi gerak laju pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Salah satu proyek prioritas untuk memperlancar arus lalu lintas yaitu pembangunan
Jembatan. Pembangunan jembatan yang dapat memberi konektivitas antar wilayah ini dapat menekan biaya logistik. Beberapa diantaranya jembatan yang telah dibangun pemerintah dalam memperlancar jalur distribusi seperti :

Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih (JMP) menjadi jembatan terpanjang di Indonesia Timur yang menjadi ikon Kota Ambon [Istimewa]

Jembatan yang membentang dari Desa Galala di Kecamatan Sirimau sampai Desa Poka di Kecamatan Teluk Ambon. Jembatan yang baru saja diresmikan pada bulan Maret 2016 menjadi jembatan terpanjang di kawasan timur Indonesia, khususnya Provinsi Maluku dengan panjang 1.140 meter.

Ada yang menarik dari nama jembatan merah putih (JMP), jembatan ini menjadi simbol perdamaian antar warga Maluku semenjak pecah konflik di maluku tahun 1999-2002 silam. Dibangun sejak 17 Juli 2011, Jembatan Merah Putih menelan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 779,2 miliar.

Jembatan Tayan

Jembatan Tayan
Jembatan Tayan merupakan jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, menghemat waktu dan biaya penyeberangan, sehingga dapat memberi manfaat langsung untuk masyarakat, pengusaha, dan industri di sekitarnya.[Media Indonesia/Aries Munandar]

Jembatan Kapuas Tayan yang melintasi Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat kini menjadi jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan, dengan panjang bentangan jembatan mencapai 1.440 meter. Jembatan Tayan menyuguhkan panorama indah saat menyusurinya.

Terbangunnya Jembatan Kapuas Tayan memberikan efek ganda terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, dimana keberadaannya mampu membuka akses transportasi darat yang dapat menekan biaya distribusi barang terutama pada sektor-sektor riil.

Halaman Selanjutnya →

Berikan Komentar Anda

avatar