MotoGP Indonesia Sirkuit Mandalika
Pembalap MotoGP yang akan mengadu kecepatan di Sirkuit Mandalika pada tahun 2021. (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Indonesia kini telah resmi menjadi tuan rumah kejuaraan bergengsi MotoGP. Wilayah yang ditunjuk dalam menggelar even bergensi MotoGP adalah Kawasan wisata Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kawasan Ekonomi Khusus yang menjadi favorit wisatawan saat berlibur ke Pulau Lombok.

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang paling penting bagi MotoGP mengingat jumlah penggemar MotoGP terbanyak ke 2 di dunia setelah China. Resminya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan motoGP sekaligus menjadi stimulasi pemulihan perekonomian Pulau Lombok usai dilanda bencana gempa bumi.

(Baca juga : Infrastruktur Jembatan Masa Kini Yang Telah Dimiliki Indonesia)

Konsep yang diusung dalam pembangunan sirkuit Mandalika yaitu sirkuit jalan. Sirkuit Mandalika akan mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti balap Formula 1 yang digelar di Monako dan Singapura. Pembangunan sirkuit Mandalika menggandeng perusahaan asal Perancis, Vinci Contruction Grands Projects.

Konsep ini dapat digunakan menjadi yang pertama di ajang MotoGP dimana saat tidak ada kegiatan balap akan menjadi jalan lingkungan. Pengerjaannya akan dimulai pada september 2019. Bekerjasama dengan ITDC sebagai pengembang Kawasan Ekonomi khusus Mandalika akan menyempurnakan dalam pelakasanan ajang bergengsi kelas dunia ini.

(Baca juga : Meningkatkan Kinerja Produk Ekspor Dalam Negeri)

ITDC akan membangun infrastruktur dasar yang menjadi penunjang, seperti resort, hotel, convention center, ritel center, hospitality suites. Kawasan ini dirancang menjadi kawasan yang terintegrasi yang dikenal dengan istilah Sport and enterteiment district, dimana yang menjadi atraksi utamanya adalah MotoGP Mandalika.

Pembangunan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer tersebut dijadwalkan rampung pada 2021. Bahkan akan disediakan juga sarana penunjang seperti area paddock dengan 40 garasi. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Jumlah Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

(Baca juga : Menegaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Infrastruktur Masa Kini)

Pembangunan sirkuit ini menjadi langkah penting untuk memulai era baru MotoGP. Efek dari hal itu juga cukup luas, karena tidak hanya olahraga balap semata tetapi aspek lain juga akan merasakan, seperti pariwisata, ekonomi di wilayah tersebut menjadi berkembang. Selain itu, terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah akan mendekatkan lagi fans MotoGP yang telah menjadi impian lama yang segera terwujud.


Dikelolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar Anda

avatar