sumber daya alam kalimantan
Kalimantan, pulau terbesar di Indonesia dengan sumber daya alam yang melimpah.

NEWSWANTARA – Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia dengan berbagai sumber daya alam seperti perkebunan dan pertambangan. Pada masa orde baru sumber pendapatan yang signifikatan lebih dari 50% hak penguasaan hutan berada di peringkat tiga terbesar di dunia. Pasca orde baru pun pulau Kalimantan masih memegang peranan penting dari total produksi kayu nasional sebesar 70%.

Akan halnya tambang, sejak lama Kalimantan sudah dikenal memiliki berbagai macam jenis komoditas pertambangan yang meliputi minyak bumi, Gas dan batubara, berbagai perusahaan besar maupun  swasta atau BUMN yang telah sejak lama melakukan kegiatan ekplorasi tambang di pulau ini.

Di Provinsi Kalimantan timur sendiri memiliki cadangan (Cadangan terbukti dan potensial) minyak sekitar 1,3 milyar barel atau 13% dari cadangan minyak nasional yang besarnya 9,7 dan memiliki cadangan gas total sebesar 47,8 TCF (Trilion Cubic Feet) atau setara dengan 8 milyar barel minyak, atau hampir setara dengan cadangan minyak nasional. Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) tersebut menjadi modal yang luar biasa untuk proses pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Selain itu pada Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, Kalimantan selatan hingga saat ini tetap menjadi primadona bagi para pengusaha untuk melakukan ekplorasi komoditas pertambangan dengan hasil yang cukup melimpah.

Potensi sumber daya alam yang melimpah yang dimiliki Pulau Kalimantan ini merupakan suatu bentuk potensi yang harus dipergunakan dan dimanfaatkan sebaik baiknya oleh masyarakat indonesia.

Potensi yang dimiliki Pulau Kalimantan menjadi aset yang perperan penting dalam menjaga ketahanan energi nasional, dikarenakan ketahanan energi merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki suatu negara dalam merespon dinamika perubahan energi global dan juga sebagai bentuk kemandirian untuk menjamin ketersediaan energi.

Ketahanan energi sendiri  memiliki peran utama bagi peningkatan kegiatan ekonomi dan Ketahanan, yang juga merupakan suatu hal  sangat penting bagi sebuah negara seperti Indonesia.

Berikan Komentar Anda

avatar