Earth Hour
Pict : hijauku.com

NEWSWANTARA – Setiap tahunnya, sejumlah tempat di Indonesia mematikan lampu secara bersamaan sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi. Kegiatan ini dinamai sebagai Earth Hour. Earth Hour merupakan gerakan peduli bumi dengan cara mematikan lampu selama satu jam penuh di malam hari.

Gerakan ini juga biasa disebut sebagai gerakan hemat energi. Gerakan ini diinisiasikan oleh World Wild Fund for Nature (WWF) yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Earth Hour diselenggarakan dengan tujuan untuk menjaga bumi dari perubahan iklim yang semakin extreme.

Ide tersebut tercetus ketika WWF Australia berusaha mencari solusi baru menanggulangi masalah perubahan iklim yang semakin parah. Mereka lantas bertemu dengan sebuah biro iklan, Leo Burnett Sydney, untuk mendiskusikan ide-ide melibatkan warga Australia dalam kampanye isu perubahan iklim.

Baca Juga : Mewujudkan Mimpi Indonesia Menjadi Penghasil Geothermal Terbesar di Dunia

Setahun berselang, pada 2005, WWF dan Leo Burnett Sydney lantas mulai mengembangkan konsep skala besar untuk mematikan semua energi di bumi lewat proyek yang mereka beri nama The Big Flick.

Proyek mereka semakin berkembang, sampai akhirnya pada kurun tahun 2006-2007 konsep Earth Hour tercetus. Dalam promosinya, mereka juga melepas sebuah film tentang isu perubahan yang turut menampilkan aktivis dunia Al Gore.

Gerakan ini kemudian pertama kali diselenggarakan pada 31 Maret 2007 di Sydney Australia pada pukul 19.30 waktu setempat. Kemudian diselenggarakan secara global di seluruh Astralia oleh WWF Australia setahun kemudian pada 28 Maret 2008 pada pukul 20.00 sampai 21.00 waktu setempat.

Beberapa tahun terakahir gerakan ini semakin booming dan semakin menarik perhatian dunia. Pada tahun 2009 PBB menggelar konfrensi yang membahas mengenai perubahan iklim dunia yang diikuti oleh sejumlah negara. Sebanyak 192 negara termasuk di dalamnya Indonesia, menyepakati hasil konfrensi tersebut untuk mengadakan gerakan Earth Hour di seluruh dunia.

Indonesia sendiri mulai menyelenggarakan Earth Hour pada tahun 2009. Kegiatan tersebut terus berjalan setiap tahunnya pada Sabtu terakhir di bulan Maret. Dengan adanya penyelenggaraan gerakan Earth Hour ini, diharapkan agar setiap orang peduli terhadap bumi tempat kita berpijak.

Banyak cara untuk melindungi bumi. Salah satunya dengan cara berhemat energi dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Tujuannya agar bumi tetap terlestarikan dan makhluk yang ada di dalamnya bisa hidup dengan aman dan nyaman.

Berikan Komentar Anda

avatar