Pulau Dodola di Maluku Utara
Pulau Dodola, pulau yang terletak di Maluku Utara ini layak disebut surga karena keindahannya yang mampu menghipnotis mata siapapun yang memandang. (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Kabupaten Pulau Morotai yang terletak di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku Utara (Malut) adalah salah satu pulau paling utara di Indonesia. Kawasan ini berlatar keunikan bahari yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik dan biasa dikenal “Morotai Pulau Kenangan” karena menawarkan wisata bawah laut, menikmati sejarah perang dunia ke-2, pemandangan alam, air terjun dan lainnya.

Masih di Indonesia bagian utara, Sulawesi Utara (Sulut) berada di jalur strategis telah menjadi gudangnya objek wisata yang patut dipertimbangkan. Destinasi berjuluk Tanah Minahasa sudah banyak memikat kalangan wisatawan dan pebisnis kekinian (millennials travelers), sebab tampak jelas tertangkap mata, terkenal keindahan laut, hamparan pegunungan dan bukit, ragam budaya, nuansa religi dan sangat mendunia tentang keramahan lokal.

(Baca Juga: Beragam Potensi Yang Dimiliki Oleh Kabupaten Pulau Morotai)

Ketika sudah di Manado wajib kunjungi salah satu destinasi wisata populer di daerah tersebut, yakni “Jendela Indonesia”, di tempat ini pelancong dapat menikmati cita rasa khas kuliner, berbelanja oleh-oleh produk industri kreatif, dapat memanjakan diri sejenak karena menghadap langsung pesona bahari.

Bagi yang belum menjajal spot favorit snorkeling, tersedia kapal menuju Taman Laut Bunaken. Karena kepopularannya itulah, provinsi beribukota di Manado ini terus mendongkrak berbagai sektor, guna menarik banyak kunjungan dan menghubungkan ke berbagai kota tujuan, termasuk Morotai.

(Baca Juga: Potensi Bahari Semenanjung Utara Sulawesi)

Akses untuk menjelajahi destinasi Indonesia bagian utara kini semakin mudah, mulai 22 September 2019 Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group telah meluncurkan layanan domestik secara berjadwal dari Manado ke Morotai dengan pesawat ATR 72-600. Wings Air di tahap awal menyediakan penerbangan tiga kali dalam sepekan, frekuensi satu kali setiap Rabu, Jumat dan Minggu pergi pulang (PP).

Wings Air bernomor IW-1180 akan mengudara dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (MDC) pukul 06.40 WITA dan dijadwalkan mendarat di Bandar Udara Leo Wattimena, Morotai, Maluku Utara (OTI) pada 09.00 WIT.

(Baca Juga: Menengok Beberapa Sajian Kuliner Ekstrem Khas Manado)

Penerbangan di hari yang sama untuk rute kembali, Wings Air menggunakan nomor IW-1181 akan terbang dari Morotai pada 09.20 WIT dan diperkirakan tiba di Manado pukul 09.40 WITA.

Dengan adanya penerbangan langsung Manado–Morotai bisa mempermudah akses bagi travelers dalam mewujudkan keinginan eksplorasi Sulut dan Malut, menjawab tren permintaan perjalanan udara di kedua wilayah serta mendukung program pemerintah sejalan upaya pengembangan 10 Bali Baru, karena Morotai termasuk dalam ranah destinasi tersebut.

Rute baru Manado-Morotai-Manado oleh Wings Air diharapkan mampu menciptakan interkonektivitas terbaik antardestinasi, menarik kunjungan wisatawan serta pemerataan pusat pertumbuhan ekonomi baru.