Pulau Ular Nusa Nipa
Pulau Ular Nusa Nipa di Bima, Nusa Tenggara Barat [Pict: Istimewa]

NEWSWANTARA – Masyarakat setempat menyebut pulau unik ini sebagai Pulau Ular, pulau yang menjadi tempat hidup bagi populasi ular laut. Mendengar kata ular rasanya sangat menakutkan untuk menghampiri pulau Ular Nusa Nipa yang terletak di Kecamatan Wera, Desa Pai, Kabupaten Bima bagian timur, Nusa Tenggara Barat.

Banyaknya ular di pulau ini bukan malah menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini, justru sebaliknya. Kabanyakan wisatawan penasaran dengan keberadaan ular yang jinak bahkan tidak mengganggu pengunjung. Populasi ular di pulau ini memiliki kriteria berwarna putih perak dengan kombinasi hitam mengkilat.

Spesies ular belang merupakan salah satu ular yang bisanya sangat kuat bahkan melebihi bisa dari ular king kobra. Ekor ular ini pipih seperti ekor ikan warnanya putih perak dan hitam mengkilat, jika di pegang tidak terasa licin layaknya seperti kebanyakan ular yang ada di darat.

Walau hidup liar mereka sangat jinak dan ramah terhadap para pengunjung. Ketika di pegang ular ular ini tidak menggigit atau pun melilit. Masyarakat sekitar telah memahami arti penting dari keberadaan pulau ular ini.

Spesies ular Pulau Nusa Nipa
Spesies ular yang hidup di Pulau Nusa Nipa [Pict: Panoramio]

Menurut cerita masyarakat setempat, Pulau Ular ini berasal dari sebuah kapal dagang Portugis yang terkena kutukan. Awak kapal berubah menjadi ular laut sementara bangkai kapalnya berubah menjadi sebuah pulau. Sementara 2 pohon kamboja yang berada di pulau tersebut dipercaya sebagai tiang kapalnya.

Baca Juga : Gili Balu, Gugusan Pulau Dengan Sejuta Pesona Keindahan Alam

Ular ini tidak bisa dibawa ke luar pulau karena akan kembali ke habitat aslinya. Jika mereka tidak bisa kembali dipercaya dapat mendatangkan musibah bagi masyarakat Desa Pai serta dapat membahayakan orang yang membawanya ke luar pulau karena ular laut ini memiliki racun yang sangat mematikan.

Masyarakat desa sangat menjaga kelestarian ular di Pulau Nipa. Ular-ular yang mencari
makanan di dalam laut dan beristirahat di atas pulau di antara celah-celah bebatuan atau
bergelantungan pada tebing-tebing terjal menambah daya tarik pulau Ular Nusa Nipa.
Berwisata ke pulau ini akan sedikit memacu adrenalin bagi mereka yang suka mencoba hal baru.

Berikan Komentar Anda

avatar