Pict : januaryniamatullah.blogspot.com

NEWSWANTARA – Indonesia bagian timur memang seakan tak ada habisnya untuk diperbincangkan. Wilayah yang begitu sangat potensial dengan alamnya yang masih terjaga. Hamparan pasir putih yang panjang dengan pasirnya bagaikan tepung dari pantai yang terletak di desa Ngilngof, kecamatan Kei Kecil, berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Tual, Ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku.

Pantai Ngurbloat atau yang sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai “pantai panjang” merupakan pantai yang menawarkan panorama indah tiada dua. Pasir di pantai ini merupakan pasir terhalus dan terbaik di dunia yang telah diakui.

Masyarakat setempat menyebut Pantai Pasir Panjang, karena bentang pantainya yang mencapai 5 kilometer. Keunikan Pantai Pasir Panjang adalah pasir putih yang sangat halus seperti tepung, bahkan saat ombak sampai ke tepian air laut menyatu dengan pasir membentuk warna putih susu.

Di Pantai Ngurbloat pengunjung bisa bermain voli atau sepak bola pantai, serta juga bisa menyaksikan nelayan setempat yang sedang mencari ikan di kejauhan sambil menantikan indahnya matahari terbenam di pantai Ngurbloat. Pemandangan mentari ke peraduannya di pantai ini sangatlah indah.

Baca Juga : Keindahan Alam Pantai Ora, Maluku

Menyaksikan bagaimana indahnya perubahan warna langit dari biru menjadi kuning keemasan merupakan sebuah pengalaman yang sangat mengasyikkan. Pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya jika berkesempatan berkunjung ke pantai ini.

Untuk bisa sampai ke Kepulauan Kei, tentunya harus melalui jalur udara menuju Ambon. Setibanya di Ambon, perjalanan dilanjutkan dengan penerbangan menggunakan pesawat kecil menuju Tual, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara, dengan total waktu penerbangan sekitar satu setengah jam.

Pict : barondamaluku.com
Pict : barondamaluku.com

Setibanya di Tual, perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Ngurbloat dengan menggunakan mobil sewa atau bisa juga dengan kendaraan umum yang tersedia di Pasar Ohoijang, Tual. Lama perjalanan menuju pantai sekitar 1 jam. Pantai Ngurbloat terletak di area barat laut Pulau Kei Kecil.

Alternatif lain untuk menuju Ngurbloat, kita bisa berangkat dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon menuju Pelabuhan Tual dengan menumpang kapal PELNI. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 18 jam. Untuk mendapat momen yang tepat, disarankan untuk berkunjung pada bulan April-Mei dan Oktober-Desember. Karena pada bulan-bulan tersebut cuaca cerah dan ombak di pantainya cenderung tenang.

Demi kebersihan Pantai Ngurbloat, pengunjung sangat disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan serta tidak merusak tanaman yang ada di sekitar pantai, agar keindahan alam yang ada di Pantai Ngurbloat dapat tetap terjaga. Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab dan ramah untuk warga sekitar.

Berikan Komentar Anda

avatar