Pulau Dua
Pulau Dua dengan spot sunrise paling cantik, Bukit Lukapan. Walaupun terjal tapi pemandangan yang disuguhkan cukup mempesona [Detik/Bonauli]

NEWSWANTARA – Hiruk-pikuk perkotaan membuat bosan menampik segala rasa kegelisaan. Riuh kendaraan seakan membentuk nada dengung untuk segera menyudahinya. Berusaha mencari ketenangan untuk tidak disibukkan dengan kegiatan yang membosankan. Memilih untuk mengasingkan diri menjadi pilihan utama keluar dari padatnya rutinitas perkotaan.

Indonesia dengan alamnya yang masih terjaga menyampaikan sebuah pesan kepada setiap orang agar bisa merasakan keindahannya. Kepulauan Banggai salah satunya, kabupaten yang berdiri sejak tahun 1960 terletak di Sulawesi Tengah dengan ibukotanya Luwuk. Terletak di ujung pulau Sulawesi tengah, Kabupaten Banggai menyimpan ketenangan dengan alamnya yang masih terjaga.

Dibutuhkan sedikit jiwa petualangan untuk bisa merasakan alam yang disuguhkan Banggai Kepulauan. Berbatasan langsung dengan Laut Maluku di sebelah Timur, Teluk Tomini di bagian utara, dan Teluk Tolo di bagian selatan, menjadikan Banggai dikeliling oleh pantai-pantai yang eksostis.

Pantai Teduang diantaranya, pantai yang dikenal dengan maskot jantung di dasar laut tersusun dari karang yang sengaja dibuat. Terdapat juga beberapa lainnya seperti Pantai Teduang, Pantai Sabang, dan Pantai Mandel, kepulaunnya juga masih ‘perawan’ seperti Pulau Dua, Pulau Tinalapu yang menawarkan ketenangan.

Pulau Tinalapu
Tinalapu, Pulau Kecil Nan Cantik [Detik]

Untuk menuju ke Kabupaten Banggai dapat ditempuh melalui transportasi darat, laut maupun udara. Dari Kota Palu ibukota Provinsi, menuju Luwuk ibukota Kabupaten Banggai dapat ditempuh melalui jalan darat memakai sarana perhubungan kendaraan umum yaitu bus-bus kecil dan sedang, atau dengan kendaraan carteran, menempuh jarak  Palu–Luwuk sekitar 610 km, demikian pula dari Kota Makassar dapat ditempuh melalui jalur darat.

Melalui transportasi udara terdapat 4 perusahaan penerbangan (Garuda, Sriwijaya Air, Wings Air dan Express Air) yang melayani rute-rute penerbangan reguler setiap hari menuju Luwuk dari Palu, Makassar dan Manado.

Sedangkan pintu masuk melalui laut adalah melalui Pelabuhan Luwuk yang dilayani oleh kapal Pelni (KM.Tilong Kabila) dengan rute Luwuk ke Makassar dan Luwuk ke Bitung (Manado), serta melalui Pelabuhan Pagimana yang dilayani dengan kapal penyeberangan ASDP dengan rute Pagimana-Gorontalo.

Luwuk juga menjadi akses poin utama bagi transportasi lanjutan menuju ke Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut yang dilayani dengan kapal penyeberangan maupun kapal angkutan rakyat yang tersedia setiap hari.

Berikan Komentar Anda

avatar