Pulau Lihaga
Keindahan Pulau Lihaga yang tampak begitu asri [Pict. Istimewa]

NEWSWANTARA – Pulau Lihaga terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang berjarak 41 km dari Kota Manado. Pulau Lihaga merupakan pulau tak berpenghuni yang terkenal dengan keindahan pantainya. Kombinasi pasir putih dan birunya air laut merupakan daya tarik utama pulau ini yang begitu menenangkan melupakan penatnya rutinitas.

Menuju pulau ini dimulai dari pelabuhan perahu dari kampung Serei, Likupang. Jarak tempuh ke pelabuhan ini adalah sekitar 45 menit berkendara. Ada dua jenis kapal yang disediakan sebagai alat transportasi; kapal kecil serupa speedboat, dan kapal besar yang berkapasitas hingga 40 orang.

Baca juga : 

Keindahan bawah laut tidak kala indahnya dengan Taman Laut Bunaken yang sudah tersohor. Pinggir pantai Pulau Lihaga di dominasi oleh hamparan batu karang dan pasir putih menjadi identitas tersendiri dari Pulau Lihaga. Jernih airnya menambah keindahan ‘surga tersembunyi’ ujung Pulau Sulawesi ini.

Keindahan bawah lautnya sangat sayang untuk dilewatkan yang mengisyarakatkan untuk membawa peralatan snorkeling. Sebelum memasuki kawasan pulau wisata Lihaga, ada retribusi sebesar Rp. 25 ribu yang penyalurannya untuk menjaga kebersihan pulau. Tak heran kebersihan pulau ini terjaga yang tidak lain masyarakat lokal mengambil inisiatif dalam menjaga kebersihan.

Membawa perbekalan yang cukup sangat dianjurkan jika mengunjungi Pulau Lihaga. Hal ini mengingat perjalan menuju ke pulau akan menguras tenaga terlebih setelah melakukan aktifitas Snorkeling. Di pulau ini juga bisa melakukan kegiatan camping tanpa khawatir dipungut bayaran dengan catatan tetap menjaga sikap menghargai kearifan lokal setempat.

Keindahan alam yang begitu mengagumkan, Pulau Lihaga menjadi salah satu lokasi favorit fotografer. Jadi jangan kaget jika saat Anda berkunjung ke Pulau Lihaga Anda akan melihat para pecita dunia fotografi ‘berkeliaran’ ditempat ini untuk merekam keindahan pulau tak berpenghuni ini. (©nws)


Diolah dari berbagai sumber 

Berikan Komentar Anda

avatar