Pict : youtube.com

NEWSWANTARA – Tidak hanya Pulau Lombok yang tekenal dengan Gili Terawangannya, Gili Balu yang berada di Pulau Sumbawa juga tak kalah eksotis akan potensi keindahan alamnya yang indah dan natural.

Istilah gili sendiri diberikan oleh masyarakat setempat untuk menyebut gugusan pulau-pulau kecil yang potensial untuk dikembangkan. Satu diantaranya pulau kenawa yang telah banyak dikenal oleh khalayak luas dari sosial media.

Gili Balu yang merupakan gugusan pulau kecil yang terdapat di Kabupaten Sumbawa Barat tersebut menyimpan pesona pemandangan alam bawah laut yang indah, pantai yang jernih dan pasir putih yang mengelilingi gugusan kepulauan kecil tersebut.

Gili Balu dalam bahasa Suku Sumbawa berarti “Pulau Delapan”. Terdiri dari 8 buah pulau-pulau kecil yang masih alami karena sebagian besar pulau-pulau ini tak berpenghuni. Beberapa diantaranya yaitu Pulau Kenawa, Pulau Mandiki, Pulau Paserang, Pulau Kambing, Pulau Belang, Pulau Ular, Pulau Namo, dan Pulau Kalong.

Diantara ke delapan pulau tersebut salah satu pulau yang telah dikelola secara profesional yaitu Pulau Paserang. PT NOP (Nusantara Oriental Permai) adalah pengelola yang telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Sumbawa Barat untuk mengoptimalkan potensi Pulau Paserang.

Pict : pinterest

Dari kedelapan pulau yang ada, baru dua pulau yang telah dikelola yaitu Pulau Kenawa dan Pulau Paserang. Kedua pulau ini masing-masing memiliki keunikan yang selalu ingin dieksplore dari kondisi alamnya yang masih natural.

Untuk dapat menikmati keindahan pulau tersebut, traveller bisa menggunakan perahu nelayan dengan biaya yang cukup terjangkau. Untuk mengunjungi gugusan pulau-pulau indah tersebut anda memiliki 2 alternatif yaitu dengan menggunakan Speed Boat selama ± 15 menit dengan rute dari Pelabuhan Tano – Pulau Kenawa PP dengan kapasitas 10 orang Rp. 250.000 sedangkan untuk rute Pelabuhan Tano – Pulau Paserang PP Rp. 350.000.

Perahu Nelayan bisa anda sewa untuk menuju gugusan kepulauan ini, anda hanya merogoh kocek Rp. 25.000/orang. Bagi penggiat fotografi, adrenalin anda akan dipicu dengan banyaknya spot menarik yang akan menambah pengalaman baru.

Pagi dan sore hari menjadi moment tepat yang sangat sayang jika dilewatkan, karena wisatawan akan disuguhkan moment sunrise dan sunset. pada saat itu kondisi alamnya bagaikan membentuk sebuah gradasi warna gambar yang unik dan beragam.

Ketika berkunjung ke daerah kepulauan ini, traveller harus mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk bekal makanan dan minuman karena di pulau-pulau ini belum tersedia tempat-tempat makan atau pun belanja untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Traveller juga harus mempersiapkan P3K dan kelengkapan-kelengkapan lainnya guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. karena yang akan dihadapi adalah alam yang belum begitu terbiasa berinteraksi dengan manusia.


Baca Juga :

  1. Pulau Kenawa, Sisi lain dari Sumbawa
  2. Serdadu Kumbang, Desa Mantar
  3. Jelenga, Pantai Dengan Ombak Kelas Dunia
  4. Pantai Maluk Dalam Area Lingkar Tambang

Berikan Komentar Anda

avatar