Pict : calonbankirgila.com

NEWSWANTARA – Tidak perlu jauh-jauh untuk bisa merasakan keindahan pantai kelas dunia seperti Maldives atau Bora-Bora. Pantai Ora juga bisa memberikan keindahan alam yang mempesona hingga mampu membujuk kembali wisatawan untuk mengunjunginya.

Bukan tanpa alasan, keindahan yang dipertontonkan Pantai Ora memberi kesan dengan nuansa yang ditawarkan membuat decak kagum pada pengunjung. Pantai ora terletak di Desa Saleman, Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah. Keindahan Pantai Ora menjadi bukti bahwa Maluku mempunyai pantai indah yang eksotis.

Untuk menuju Pantai Ora, dari Bandara Patimura Ambon, pertama-tama menuju ke Pelabuhan Tulehu. Dengan menggunakan angkutan umum atau taksi, waktu perjalanan sekitar satu jam dengan harga sesuai tarif atau negosiasi.

Setelah sampai di Pelabuhan Tulehu, selanjutnya menuju Pelabuhan Amahi, Maluku Tengah, menggunakan kapal cepat dengan tarif Rp 150.000 untuk VIP dan Rp 92.000 untuk ekonomi. Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke Pelabuhan Amahi adalah sekitar 2 jam.

Pantai Ora menawarkan fasilitas penginapan yang unik, yaitu penginapan yang berbentuk rumah panggung dan mengapung di atas laut. Selain itu pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut.

Pict : tukangjalan.com
Pict : tukangjalan.com

Biota laut yang mempesona terlihat jelas karena air yang begitu jernih. Selain menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih dan laut biru yang indah. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan lainnya adalah menyelam dan melihat keindahan bawah laut Pantai Ora yang begitu menakjubkan.

Untuk aktivitas snorkling, tidak perlu menyelam terlalu dalam. Cukup memiliki kacamata selam dan menyelam sekitar 2-3 meter, sudah dapat melihat keindahan berbagai macam terumbu karang. Tepat di belakang cottage Ora Beach Resort, dapat ditemui perbukitan Taman Nasional Manusela yang menjadi latar belakang pemandangan di resort tersebut.

Baca Juga : Dataran Tinggi Dieng Diusulkan Sebagai Geopark Kelas Dunia

Mengelilingi Taman Nasional Manusela juga dapat dijadikan salah satu kegiatan santai lainnya yang bisa dilakukan di pagi hari. Menggunakan kapal bermotor maupun kapal nelayan sekitar, pengunjung dapat melihat dan menikmati pemandangan sambil berkeliling disekitar Taman Nasional Manusela.

Perjalanan terkesan jauh dan melelahkan, tetapi semua akan terbayar saat tiba di sana dan di pantai ora, berbaur dengan alam menyatu dengan nuansa ketenangan untuk merasakan kedamaian. Menikmati keindahan alam Indonesia yang bagaikan Surga Duniawi di Pantai Ora. Tentunya dapat memberikan pengalaman indah tersendiri untuk setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai Ora.


Sumber : Liputan6

Berikan Komentar Anda

avatar