NEWSWANTARA – Kementerian Pariwisata, menargetkan di tahun 2016 kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 12 juta orang, dan wisatawan nusantara sebanyak 260 juta perjalanan. Dalam mencapai target tersebut, sejumlah strategi telah dipersiapkan, salah satunya adalah dengan menetapkan 10 daftar destinasi pariwisata yang akan menjadi prioritas kunjungan wisatawan.

Dari 10 daftar destinasi pariwisata prioritas tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. Pemerintah juga telah mengambil langkah untuk percepatan pembenahan pada 10 daftar destinasi pariwisata prioritas yang ditargetkan. Berikut adalah 10 destinasi pariwisata yang menjadi prioritas tersebut:

Danau Toba

Sumber: pesonaindonesia.travel
Sumber: pesonaindonesia.travel

Danau Toba adalah danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengahnya terdapat sebuah pulau Samosir dengan luas yang hampir sebanding dengan luas negara Singapura. Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter.

Danau Toba merupakan keajaiban alam menakjubkan di Pulau Sumatera. Sulit membayangkan ada tempat yang lebih indah untuk dikunjungi di Sumatera Utara selain danau ini.

Suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan mempesona pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari imaji danau raksasa yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu, ditambah lagi pemandangan matahari tenggelamnya yang begitu indah.

Pantai Tanjung Lesung

Sumber: liputan6.com
Sumber: liputan6.com

Pantai Tanjung Lesung terletak di sebelah barat Pandeglang, tepatnya Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pantai Tanjung Lesung terkenal dengan panorama alamnya yang indah.

Tak hanya itu, pasirnya yang putih dan pemandangan bawah lautnya yang menawan juga menjadi daya tarik wisatawan. Pantai Tanjung Lesung secara resmi dibuka untuk umum sejak Januari 1998. Kini Pantai Tanjung Lesung dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Provinsi Banten.

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu

Sumber: anekatempatwisata.com
Sumber: anekatempatwisata.com

Kawasan taman nasional laut yang berlokasi 45 km sebelah utara Kota Jakarta itu merupakan kawasan pelestarian alam bahari dengan zona konservasi yang terus dijaga keindahan dan kebersihannya. Selain menjadi resort island, kepulauan ini dikenal dikenal sebagai taman nasional laut dengan cagar laut seluas 106 ribu kektar.

Tanjung Kelayang

Sumber: pesonaindonesia.travel
Sumber: pesonaindonesia.travel

Pasir putih yang dipadukan dengan jajaran batu granit menjadi alasan untuk berkunjung ke pantai ini. Batu granit dengan ciri khasnya ditambah dengan air laut yang cukup tenang dan jernih, sehingga membuat siapapun yang berkunjung ke pantai ini akan merasa betah menghabiskan waktunya.

Gagahnya Batu Garuda terlihat jelas dari pesisir Tanjung Kelayang. Dinamakan demikian karena bentuk batu tersebut menyerupai kepala seekor burung. Konon pemandangan ini pun mempengaruhi nama Tanjung Kelayang, dimana “kelayang” sendiri merupakan nama dari salah satu jenis burung.

Hamparan pasirnya begitu luas membentang 4 km hingga ke Tanjung Tinggi. Pemandangan sisi barat sangat menarik memperlihatkan 3 pulau kecil yang spektakuler saat Matahari terbenam. Tempat terbaik untuk menikmatinya adalah dari puncak bebatuan granit yang terletak di ujung semenanjung.

Borobudur

Sumber: pesonaindonesia.travel
Sumber: pesonaindonesia.travel

Inilah candi Buddha terbesar di dunia yang berdiri megah ibarat puzzle raksasa. Tersusun dari 2 juta balok batu vulkanik, dipahat sedemikian rupa sehingga saling mengunci satu dengan yang lain. Candi Borobudur mirip bangunan piramida Cheops di Gizeh Mesir, bedanya, Borobudur memiliki pola kepunden berundak.

UNESCO mengakui sekaligus memuji Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Di Candi ini ada 2672 panel relief yang apabila disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km. Ansambel reliefnya merupakan yang paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya serta setiap adegannya adalah mahakarya yang utuh.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Sumber: pesonaindonesia.travel
Sumber: pesonaindonesia.travel

Gunung Bromo merupakan gunung wisata yang terdapat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di taman nasional yang memiliki luas 50.276,2 hektare ini terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia, dan 4 jenis reptilia.

Kawasan ini juga menjadi satu-satunya tempat konservasi yang memiliki laut pasir seluas 5.250 hektare yang berada pada ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Selain mengunjungi Kawah Bromo, Anda juga bisa melihat aktivitas Suku Tengger yang terkenal dengan upacara Kasada.

Pantai Seger Mandalika

Sumber: pesonaindonesia.travel
Sumber: pesonaindonesia.travel

Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Dan salah satu tradisi yang ditunggu oleh wisatawan adalah upacara bau nyale yang sudah menjadi agenda tahunan di Mandalika.

Labuan Bajo

Sumber: lepirate.com
Sumber: lepirate.com

Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) dan keajaiban pulau Flores lainnya. Saat matahari terbenam, Labuan Bajo menawarkan pemandangan spektakuler ketika pulau-pulau kecil yang menghadap ke siluet pelabuhan secara dramatis menciptakan sebuah efek yang begitu ajaib.

Taman Nasional Wakatobi

Sumber: pesonaindonesia.travel
Sumber: pesonaindonesia.travel

Wakatobi merupakan salah satu spot menyelam terbaik yang ada di Indonesia. Taman Nasional Wakatobi mulai tenar namanya di dunia setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral.

Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.

Pulau Morotai

Sumber: turindo.co.id
Sumber: turindo.co.id

Morotai adalah “Surga di Timur Indonesia”. Keindahan Morotai dengan segudang sejarah dari Perang Dunia II membuatnya dijuluki sebagai, “Mutiara di Bibir Pasifik”. Pulau Morotai memiliki banyak sisi menarik yang bisa dinikmati.

Morotai mempunyai lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan bagi Anda pencinta olahraga laut. Pulau ini juga memiliki beberapa pantai dengan pemandangan memukau didampingi oleh rahasia keindahan bawah laut yang masih menyimpan misteri.


Sumber: Pesona Indonesia

Berikan Komentar Anda

avatar