NEWSWANTARA – Tato pada suku dayak di sebut “tutang”, setiap motif tato memiliki arti berbeda-beda, pembuatan dan peletakan tato juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Menurut kepercayaan, tato berwarna hitam yang terdapat pada suku dayak akan berubah menjadi warna emas dan menjadi penerang jalan menuju keabadian setelah mereka mati dan telah melalui upacara Tiwah (upacara kematian suku dayak).

Tato bagi sebagian suku dayak merupakan hal yang tidak terpisahkan dari tubuh mereka, tato bagi suku dayak adalah sesuatu yang sakral berhubungan erat dengan beberapa kejadian dan tujuan yang sudah menjadi budaya suku di Kalimantan. Akan tetapi yang perlu diingat bahwa tidak semua suku dayak menggunakan tato, dan tidak semua suku dayak memiliki tato yang sama, beberapa tato memiliki motif yang sama hanya saja terkadang terdapat beberapa modifikasi.

Pict : getborneo.com
Pict : getborneo.com

Tato dalam suku dayak dipandang sebagai status sosial yang memilki nilai filosofi. gambar tato mencerminkan nilai yang memiliki arti tersendiri. Ini adalah sesuatu yang sakral berhubungan dengan beberapa kejadian yang sudah menjadi budaya suku dayak di Kalimantan. Bentuk dan gambar tato pada suku dayak umumnya di ambil dari alam seperti burung enggang (buceros), burung khas dari Kalimantan yang mewakili dunia atas, tali nyawa pada katak yang mewakili dunia bawah, serta beberapa motif seperti motif bunga terong, cabang pohon dan berbagai bentuk-bentuk lain yang di ambil dari alam.

Selain itu dikenal juga tutang bajai (tato buaya), gambar naga, saluang murik, apui (api), palapas langau (sayap lalat), manuk tutang usuk, matan punei (mata burung punei), manuk tutang penang, lampinak (seperti salib), tutang tasak bajai dinding.

alat yang digunakan suku dayak untuk membuat tato, pict : getborneo.com
alat yang digunakan suku dayak untuk membuat tato, pict : getborneo.com

Motif Tato Laki-laki dan Perempuan Suku Dayak Dibedakan Bentuk dan Tujuannya. Tato Laki-laki, tato yang terdapat di jari-jemari tangan menunjukkan bahwa si pemilik adalah orang yang banyak berjasa dalam tolong-menolong. Tato Bunga Terung atau bunga terong dengan gambar tali nyawa (bentuk usus pada katak) dibagian tengahnya merupakan penanda bahwa seorang lelaki dari suku dayak telah memasuki masa usia dewasa.

Tato motif muka harimau, tato ini biasanya di letakkan di bagian paha menunjukkan status sosial yang tinggi bagi pemiliknya. Tato Ukir Rekong terletak di leher berfungsi untuk memberikan kekuatan pada tenggorokan atau berfungsi sebagai pelindung agar tidak di penggal oleh Mandau musuh.

Sedangakan tato Perempuan, tato Tedak Kassa terletak dikaki, menandakan bahwa perempuan tersebut telah dewasa. Tato Tedak Usuu dan Tedak Hapii terletak di tangan berfungsi sebagai penjaga dari roh-roh jahat.

Tato tradisional suku dayak miliki kesamaan dengan tato mentawai yang keduanya diyakini sebagai tato tertua di dunia dan diakui sebagai salah satu kiblat di dunia profesional tato. Bahkan tato suku dayak telah dipakai oleh Flea, pemain bass dan Anthony Kiedis, vokalis dari kelompok musik kondang asal Amerika Serikat, Red Hot Chili Pepper (RHCP).

Berikan Komentar Anda

avatar