Pict : benyaminlakitan.com

NEWSWANTARA – Dua tim dari suku adat menunggang kuda sambil melempar bambu runcing, sebuah tradisi tua berusia seribu tahun di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Penonton, mulut mereka memerah karena mengunyah sirih.

Mereka berteriak di sela-sela acara. Pasola, tradisi adat yang dilakukan masyarakat Sumba yang masih menganut agama asli yang disebut Marapu. Tujuan dari ritual adat ini dalam rangka memohon restu para dewa agar panen tahun itu berhasil dengan baik.

Pasola berasal dari kata “Sola” atau “Hola”, yang berarti sejenis lembing kayu yang dipakai untuk saling melempar dari atas kuda yang sedang dipacu kencang oleh dua kelompok yang berlawanan. Pasola atau pahola berarti permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang sedang dipacu kencang antara dua kelompok yang berlawanan.

Sebenarnya, festival ini berupa rangkaian. Sebelum Pasola, di pagi harinya dilakukan tradisi nyale, mencari cacing laut. Proses pelaksanaan Pasola  diawali dengan pelaksanaan adat nyale .

Adat nyale adalah salah satu upacara rasa syukur atas anugerah yang didapatkan, yang ditandai dengan datangnya musim panen dan cacing laut yang melimpah di pinggir pantai. Adat tersebut dilaksanakan pada waktu bulan purnama dan cacing-cacing laut keluar di tepi pantai.

Pasola Sumba  adalah bagian dari serangkaian upacara adat tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Sumba , Nusa Tenggara Timur, yang Upacara adat ini dilakukan setiap tahun pada bulan Februari atau Maret. Pasola  diadakan pada empat kampung di Kabupaten Sumba Barat.

Keempat kampung tersebut antara lain Kodi, Lamboya, Wonokaka, dan Gaura. Serangkaian upacara ini dilakukan dalam rangka memohon restu para dewa agar panen tahun itu berhasil dengan baik.

Sementara malam sebelumnya dilakukan ritual Pajura, yaitu adu tinju di tepi pantai pada dini hari. Uniknya tradisi Pasola mampu menarik perhatian turis domestik maupun asing. Tradis yang hanya berlangsung dua kali dalam satu tahun ini mempunyai keunikan dari keberagaman budaya yang ada di Indonesia.

Berikan Komentar Anda

avatar