Pict : tribunnews.com

NEWSWANTARA – Wonosalam, sebuah Kecamatan yang berada dibawah wilayah Kabupaten Jombang yang memiliki salah satu produk khas, yakni buah durian atau duren. Ada yang menarik dari daerah ini dan duriannya, yaitu setiap tahunnya di Wonosalam diadakan secara rutin festival makan durian secara gratis yang dikemas dalam suatu acara yang dinamakn ‘kenduri durian’

Festival kenduri Durian ini diadakan sebagai upaya untuk mengenalkan sektor pariwisata di daerah Wonosalam. Kenduri Durian atau dalam bahasa jawanya Kenduren merupakan acara perjamuan makan untuk memperingati sesuatu. Kenduri atau kenduren biasanya merupakan jamuan makanan seperti hajatan yang suguhannya berupa nasi dan lauk serta berbagai jajanan, namun yang menarik dari festival ini jamuan makanan yang disuguhkan bukan nasi dan lauk melainkan buah durian.

Festival durian tahun ini (27/03/2016) panitia menyiapkan durian sebanyak 2016 buah. Ribuan durian itu disusun menyerupai tumpeng raksasa. Durian akan dibagikan gratis kepada warga yang hadir dalam festival kenduri durian ini. Durian Wonosalam jenisnya adalah durian bido yaitu durian yang hanya tumbuh di Wonosalam saja. Durian jenis bido ini memiliki rasa yang sangat legit.

Selain durian, produk hasil bumi dari daerah Wonosalam yaitu sayur-sayuran, salak, manggis, kopi (kopi luwak). Hasil pertanian tersebut juga turut ikut dibagikan secara gratis dalam festival kenduri durian. Selain sebagai upaya untuk mengenalkan sektor pariwisata, festival kenduri durian ini juga sebagai rasa syukur masyarakat Wonosalam atas hasil pertanian yang melimpah, sehingga sayang sekali jika melewatkan festival yang satu ini.

Berikan Komentar Anda

avatar