Pulau Nipa – Kepulauan Riau

Pulau Nipa adalah salah satu dari 12 pulau terdepan Indonesia yang sempat menyita perhatian pemerintah pada awal tahun 2000 akibat dari penambangan pasir. Pasir dari pulau ini diekspor untuk menopang reklamasi daratan Singapura [Pict : Istimewa]

Termasuk salah satu pulau terluar dari 12 pulau prioritas karena pada awal tahun 2000 pulau ini menjadi perhatian utama akibat penambangan pasir yang diekspor untuk reklamasi daratan Negara Singapura. Hal ini menyebabkan luas pulau ini berkurang dan nyaris tenggelam.

Saat ini Pulau Nipa telah direklamasi dan dibangun pangkalan TNI AL untuk menjaga kedaulatan Pulau Nipa yang letaknya cukup dekat dengan Malaysia. Penduduk sekitar menyebut pulau ini dengan Pulau Angup. Pulau Nipa, adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura.

Pulau Ndana – Nusa Tenggara Timur

Pulau Ndana
Dengan luas sekitar 2 Km Persegi, pulau indah dengan pantai berpasir putih ini memiliki hutan dan danau air tawar yang dikenal dengan nama danau merah. Bukan hanya di danau, bahkan di kawasan pangkalan militer yang dihuni TNI, dengan jarak sekitar 200 M dari bibir pantai, kita dapat menemukan sumber air tawar yang muncul dari tanah galian sedalam sekitar 1,5 meter [Pict : Istimewa]

Pulau Ndana merupakan pulau paling selatan di Indonesia. Pulau Ndana yang merupakan salah satu dari 92 pulau terluar Indonesia dan terletak di Samudera Hindia ini berbatasan langsung dengan negara Australia. Letaknya berada di sebelah selatan Pulau Rote.

Pulau Ndana yang berjarak 120 kilometer dari Kota Kupang dan 4 kilometer dari Pulau Rote ini merupakan salah satu pulau kecil yang tidak berpenghuni tetap. Pulau Ndana yang merupakan bagian dari wilayah administratif Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ini terletak pada titik koordinat: 11° 0′ 36″ LS, dan 122° 52′ 37″ BT.

Pulau Bepondi – Papua

Pulau Bepodi
Pulau Bepodi dengan sejumlah keunikan, potensi [Pict : Istimewa]

Satu dari 8 pulau terluar yang ada di Papua. Ke-8 pulau terluar itu adalah Pulau
Bepondi, Pulau Bras, Pulau Fanildo, Pulau Liki, pulau Fani, Pulau Kelepon, Pulau
Laag, dan Pulau Miossu. Pulau yang luasnya hanya sekitar 2,5 km2 ini merupakan
bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Biak Numfor, provinsi Papua.

Pulau Bepondi memiliki berbagai jenis burung yang menjadi daerah migrasi burung
dari Australia. Selain itu juga potensi makro bentos yang sudah dimanfaatkan oleh
masyarakat sekitar sebagai komoditas perikanan yang potensial. Sumber daya makro
bentos ini terdiri dari sifut, kerang dan juga teripang yang memiliki nilai ekonomis
tinggi. ©nws