Pict : yogyalagi.com

NEWSWANTARA – Kabupaten Gunungkidul, salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Yogyakarta dengan Ibukotanya Wonosari. Kabupaten Gunungkidul berbatasan langsung dengan Samudra Hindia atau yang lebih dikenal dengan pantai selatan. Gunungkidul terletak dengan jarak tempuh ± 39 km di sebelah selatan kota Yogyakarta. Luas wilayah Kabupaten Gunungkidul 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63 % dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sering terdengar cerita mistis masyarakat Yogyakarta mengenai pantai selatan, pantai yang dipercayai sebagai tempat bersemayamnya pengusa dari pantai selatan atau yang akrab disapa masyarakat dengan Kanjeng Ratu Kidul.

Keberadaan mitos kanjeng ratu kidul atau nyi roro kidul menjadi hal yang menarik dalam menumbuhkan daya minat bagi para wisatawan. Yogyakarta yang menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia diharapkan mampu membantu menggerakkan perekonomian daerah dari sektor pariwisata yang dimiliki.

Pantai Pok Tunggal, pict : geolocation.ws
Pantai Pok Tunggal, pict : geolocation.ws

Mengunjungi pantai selatan, tidak lengkap kalau tidak mengunjungi Gunungkidul. Kabupaten dengan garis pantai yang terbentang dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini menyimpan keindahan alam yang kaya dan sangat memungkinkan untuk dikembangkan lebih jauh lagi sebagai destinasi pariwisata unggulan dari Provinsi Yogyakarta.

Wisata alam yang sangat besar harus terus dilestarikan serta dioptimalkan untuk kemakmuran rakyat. Kabupaten yang terletak di sebelah selatan Yogyakarta ini sebagian besar wilayahnya adalah perbukitan dan pegunungan kapur. Kabupaten Gunungkidul memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar melalui sektor pariwisata. Sektor yang menyumbang terbesar adalah wisata pantai, yang mampu menarik wisatawan terbesar untuk kontribusi PAD Gunung kidul.

Sensasi petualangan yang super seru di Pantai Timang, Gunungkidul, pict : penabiru.com
Sensasi petualangan yang super seru di Pantai Timang, Gunungkidul, pict : penabiru.com

Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, pantai di Gunungkidul memiliki banyak spot yang menawarkan keindahan alam. Terdapat 22 pantai yang saat ini dijadikan destinasi wisata, dan beberapa yang telah dikenal oleh masyarakat adalah Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Pok tunggal, Pantai Baron, dan Pantai Wediombo.

Beberapa sektor yang selama ini menjadi sumber pemasukan bagi PAD, terutama dari sektor pariwisata masih memiliki potensi untuk bisa dikembangkan. Pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata akan berdampak juga terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Hingga nantinya terciptanya sinergi antara alam dengan manusia.

Berikan Komentar Anda

avatar