Mengenal Komunitas Penggemar Bus di Indonesia

NEWSWANTARA – Melakukan perjalanan, baik untuk wisata maupun tidak, ada beragam sarana transportasi yang bisa dipilih. Salah satunya adalah bus. Bus sebagai kendaraan umum jalur darat masih terus diandalkan oleh orang Indonesia sebagai moda transportasi perjalanan.

Bis Mania Community (BMC) merupakan sebuah komunitas bagi para penggemar bus Indonesia. Komunitas ini menjadikan bus tidak hanya sekedar menjadi alat transportasi, tetapi juga menjadikan bus sebagai aneka kreasi dan hobi. Segala sesuatu yang berhubungan dengan bus diakomodasi dalam komunitas ini, mulai dari bus pariwisata, bus antar kota, bus kota, minibus, hingga teknologi yang melekat di dalam bus.

Komunitas yang terbentuk secara resmi pada bulan Maret 2008 ini telah memiliki ribuan anggota yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Sumatera. Yang menarik dari komunitas ini, beberapa dari mereka adalah para pengusaha dan profesional muda, dengan kedudukan tinggi di perusahaan masing-masing.

Tak hanya sebagai sebuah komunitas, BMC juga menjadi Mediator antara Konsumen dan Pebisnis, dimana BMC kerap melakukan kunjungan dan diskusi ke karoseri bus dan industri pendukungnya, dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada anggotanya tentang bagaimana proses pembuatan bus pada industri bus. Termasuk juga menyampaikan kritik, saran serta masukan kepada pihak karoseri tentang pengalaman dan pengamatan produk  yang telah dilakukan oleh BMC.

BMC tidak hanya sebagai komunitas pemersatu penggemar bus di Indonesia, tetapi kedepannya diharapkan dapat berperan memberikan sumbangsih dan kepedulian terhadap bangsa, khususnya pada bidang prasarana transportasi penghubung antar daerah di Indonesia.

Selain menunjang bebagai aktivitas bisnis dunia otomotif Indonesia, keberadaan BMC menjadi nilai tambah yang bermanfaat bagi pengusaha, konsumen ataupun industri lain yang berhubungan dengan dengan dunia transportasi bus. Upaya kongkret yang telah dilakukan oleh BMC yakni dengan banyak berdiskusi dengan Perusahaan Otobis (PO) dan memberikan kritik dan masukan, serta presentasi hasil survei layanan operator dari PO.

Posisi BMC sebagai mediator antara konsumen dengan operator PO, demi meningkatkan pelayanan guna memberikan dan mengajak masyarakat untuk menjadikan bus sebagai pilihan transportasi yang layak untuk digunakan dalam berpergian, dengan secara aktif menggelar kampanye “Ayo Naik Bus” dengan harapan masyarakat akan gemar untuk naik bus.

Kampanye “Ayo Naik Bus” tersebut ikut pula berpartisipasi dalam mendukung program pemerintah guna menarik pengguna kendaraan pribadi untuk beralih ke mass transportation. Masyarakat diharapkan lebih mengutamakan menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. Program naik kendaraan umum, khususnya bus bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan kepadatan kendaraan baik di kota besar maupun di daerah.

loading...