Megahnya Al Qur’an Al Akbar

Salah seorang pengunjung sedang membaca Al Qur'an raksasa di Palembang Istimewa]

NEWSWANTARA – Selain jembatan Amperanya, Palembang memilki Al Quran Al-akbar yang merupakan Al-Qur’an terbesar di Indonesia. Al Qur’an ini menorehkan sejarah bagi Indonesia untuk menempatkan Indonesia dalam jajaran Al Qur’an terbesar yang ada di dunia.

Al Qur’an 30 juz terbesar ini terbuat dari kayu tembesu. Keunikan pada Al Qur’an terbesar ini terletak pada seni ukir yang dibuat oleh putra-putra seni Sumatra Selatan. Pembuatan Al Qur’an memakan waktu 5 tahun yang mulai dari tahun 2003 hingga 2008. Pembuata nya yang menghabiskan 315 lembar kayu tembesu.

Pembuatan Al qur’an yang terbuat dari kayu ini di prakarsai oleh Sofwatillah Mohzaib. Al Qur’an Al Akbar memiliki tebal mencapai 9 meter dengan ukuran 117 x 140 x 2,5 sentimeter, serta sampul depan yang dihiasi ukiran indah khas Palembang yang menambah Al Qur’an ini begitu menakjubkan.

Baca juga menunggu dentuman meriam karbit pontianak

Menghabiskan biaya  kurang lebih dari Rp. 2 miliar, Al Qur’an raksasa ini mampu membuat kagum wisatawan yang datang melihatnya. Dengan ukiran khas tradisional Palembang tersebut, membuat wisatawan yang berkunjung tidaklah lengkap rasanya bila belum datang ke tempat penyimpanan Al Qur’an itu.

Al Akbar lebih dikenal Al Qur’an raksasa tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi andalan di Bumi Sriwijaya tersebut. Setiap lembaran ukiran terdapat motif kembang di bagian tepi juga berwarna keemasan mencerminkan kebudayaan khas Kesultanan Darussalam Palembang sebagai akar budaya yang harus tetap dijaga.

Bagi pengunjung, keberadaan Al Qur’an raksasa itu sangat bagus, terutama bagi mereka yang baru melihatnya yang dianggap sangat megah. Dunia internasional pun telah mengakui kemegahan dan ketakjuban karya seni Islam dengan ukiran khas Palembang dan memiliki ukuran terbesar yang pernah ada.