Tips Traveling Saat Musim Hujan

Traveling saat musim hujan
Traveling saat musim hujan tiba [Pict: Caryta}

NEWSWANTARA – Di daerah tropis seperti Indonesia, musim musim kemarau (musim kering) selalu datang bergantian dengan musim hujan. Hujan memang selalu identik dengan pembawa berkah, akan tetapi kalau hujan turun saat traveling tentunya bisa jadi hal yang perlu dihindari, karena beberapa rencana liburan bisa jadi akan batal karena hujan. Tanpa perlu mencemaskan turunnya hujan saat traveling, berikut beberapa tips traveling saat musim hujan.

1. Jaga kondisi tubuh ketika akan traveling saat musim hujan

Ketika melakukan perjalanan pada musim hujan maupun musim panas dengan kondisi tubuh yang tidak sehat, tentunya liburan akan terasa menjadi biasa-biasa saja dan tidak
berkesan bahkan sama sekali tidak menikmati. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi
vitamin sebelum melakukan traveling bisa jadi pilihan yang baik untuk menjaga stamina selama perjalanan.

2. Bawa pakaian cadangan

Hujan memang akan selalu berhubungan dengan air. Pastikan membawa pakaian ganti sebagai cadangan jika sewaktu-waktu memang benar-benar kehujanan dan tak bisa menghindarinya. Tak perlu membawa terlalu banyak pakaian cadangan. Gunakan pakaian yang ringan dan sederhana untuk traveling saat musim hujan.

3. Kunjungi tempat yang jadi sangat indah ketika musim hujan

berlibur di villa pedesaan
saat musin hujan Anda bisa mencoba untuk berlibur di villa pedesaan yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan dikelilingi kebun teh atau memandangi sawah dan ladang yang mulai menghijau [Pict: Balebali]
Cobalah untuk mencari referensi tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi pada saat musim hujan. Bisa juga berpergiaan ke vila-vila pedesaan di dataran tinggi. Biasanya tempat ini memancarkan keindahan tersendiri saat musim hujan turun. Hijaunya tanaman dan segarnya udara membuat terasa hidup kembali dari penatnya rutinitas sehari-hari.

4. Selalu pantau prakiraan cuaca

Memantau prakiraan cuaca dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi prakiraan cuaca di ponsel yang dapat di instal di playstore untuk ponsel berbasis android maupun app store untuk ponsel berbasis iOS. Pastikan juga memantau sosial media dengan hastag #cuaca atau #hujan untuk membantu memperkirakan cuaca saat traveling di musim hujan. Bila perlu bisa langsung mengakses situs BMKG untuk mendapatkan info yang lebih jelas.

5. Perencanaan yang jelas

rencana liburan
Jangan lupa untu membuat rencana liburan anda. [Pict: Urbackpacker]
Perencaan yang jelas itu penting untuk menikmati perjalanan sekalipun itu dalam keadaan cuaca yang kurang bersahabat. Untuk merencanakan traveling tidak perlu terlalu detail sampai merencanakan ingin makan dimana. Perencanaan yang jelas ini dapat membantu dalam meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi saat perjalanan.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz